Kamis, 31 Maret 2011

Beef Teriyaki



Sehari sebelum masak ini saya ma hubby kencan di salah satu warung masakan jepang yang baru buka di Kudus. Hubby memang gak suka sapi jadi dia pesen ayam dan saya pesen Beef teriyaki. Waktu makanan sudah tiba di meja, hubby mulai mencomot beef teriyaki saya dan bilang "Ternyata sapi dimasak gini enak juga ya" hehe saya setuju banget.. soalnya suka sapi sejak mulai diet golongan darah ( gol darah B , disarankan lebih konsumsi sapi sih...) Jadi besok nya saya minta bibi belanja daging has dalam di pasar dan coba search resep2 teriyaki. Akhirnya jadilah resep ini.

Bahan :
250 gr daging sapi has dalam ( potong tipis-tipis, masukkan freezer dulu supaya beku dan lebih mudah dipotong tipis )

2 siung bawang putih ( digeprek )

1/2 bh bawang bombay ( dicacah )


Bahan rendaman :

1 sdm saus teriyaki ( beli di swalayan )

1/2 sdm saus tiram

1 sdt minyak wijen

3 cm jahe ( diparut , peras airnya )

1 sdm kecap manis / gula

1 sdt merica
1 sdm maizena


Jahe diparut kemudian peras ambil airnya

Bahan salad :
wortel ( rajang tipis )
kol ( rajang tipis )
1 sdm gula
2 sdm cuka
( campur semua bahan salad dan diamkan di lemari es )

Cara memasak :
1. Daging sapi yang sudah diiris tipis diaduk dengan semua bahan rendaman hingga rata, kemudian diamkan 1 jam hingga bumbu meresap ( bisa ditaruh di lemari es )
2. Siapkan wajan dengan sedikit minyak untuk menumis bawang putih dan bombay, kemudian tiriskan bawang putih dan bombay
3. Di wajan bekas menumis , masak daging yang sudah direndam beserta bumbu-bumbunya, tambahkan 2 sdm air , masak dengan api sedang, supaya daging matang merata
4. Masukkan kembali bawang dan bombay ke dalam daging, aduk-aduk dan tambahkan sedikit saus teriyaki dan gula, cicipi hingga pas rasa nya
5. Sajikan dengan salad yang ditambah mayonaise

Note : kalau ada kecap jepang bisa ditambahkan , karena saya gak punya jadi saya tidak pakai

Soup Jagung

Ini request dari mertua yang pengen banget dimasakin soup jagung, padahal saya seumur-umur paling juga gak sampe 5 kali makan soup jagung , karena bukan penggemar soup jagung juga hehehe... Jadi akhirnya sms mami semarang, tanya resepnya. Ternyata di luar dugaan membuatnya gak terlalu susah, rasanya enak juga hehehe... gak nyangka.. Makasih mii untuk resepnya wkwkwk... :D


Bahan :
2 bh jagung manis ( disisiki bijinya )
1 bh wortel ( potong kotak-kotak )
1 batang onclang ( dirajang )
1 bh bawang bombay ( dirajang )
2 siung bawang putih ( digeprek )
1 butir telor ayam ( dikocok )
500 ml kaldu ayam
1 sdm angciu
2 sdm maizena campur dengan 5 sdm air
2 sdm gula
Garam
Merica


Cara memasak :
1. Tumis dengan sedikit minyak bawang putih dan bawang bombay, dengan api kecil
2. Beri angciu
3. Masukkan air kaldu hingga mendidih
4. Masukkan jagung dan wortel
5. Beri garam, merica dan gula
6. Setelah wortel dan jagung matang, masukkan onclang dan air maizena. Cicipi rasa hingga sesuai selera
7. Terakhir masukkan kocokan telur secukupnya tidak perlu semua untuk kesan berserabut
8. Matikan api segera
9. Hidangkan dan makan saat masih hangat hmmm... enak ^^

Rabu, 30 Maret 2011

Shrimp Avocado Salad

Di Kudus ada teman suami yang punya kebun , jadi waktu panen alpukat, kami diberi beberapa alpukat segar langsung dari pohonnya. Karena bosan pengolahan alpukat yang biasa ( alpukat hanya dimakan sama kopi susu ) akhirnya coba-coba alpukat dibikin salad udang. Sebelumnya saya sempat search resep alpukat di net tapi berhubung gak ada yang cocok, jadi coba bikin salad sendiri , jadinya Salad Udang dalam Alpukat hehehe...



Bahan :
250 gr udang ukuran sedang ( cuci bersih )

2 buah alpukat matang ( dibelah 2, buang bijinya )

1/4 bh nanas
( potong-potong )
1/2 bh pear ( potong kotak2 )

Bahan saus mayonaise :

2 sdm mayonaise

1/2 bh jeruk nipis ( ambil airnya )
1 sdm madu
1 sdm susu kental manis / krimer
1/2 sdt krim ( saya pake elle vire )
( aduk rata semua bahan saus di atas )

Cara membuat :
1. Udang dibuang kulit dan kepalanya, belah punggung, keluarkan uratnya, sisakan ekornya
2. Cuci bersih udang, beri perasan air jeruk nipis, supaya bau amisnya berkurang, diamkan 20 menit
3. Cuci udang dengan air bersih , kemudian rebus hingga udang berubah warna, kemudian tiriskan
4. Siapkan alpukat yang sudah terbelah, tata udang, potongan nanas dan pear, di dalam lubang bekas biji nya
5. Beri saus mayonaise secukupnya
6. Nikmati salad sambil mengerok daging alpukat, enak bangettt ^^

Selasa, 29 Maret 2011

Mie Goreng Sayur

Berhubung hujan jadi memanfaatkan bahan seadanya di rumah jadilah mie goreng sayur cocok untuk orang yang vegetarian hehe...



Bahan :
1/2 mie telor ( saya pakai mie telor yang bundar besar ) , rendam bentar dengan air mendidih supaya lunak
1/4 kol ( potong-potong )
2 sdm tauge / kecambah
2 batang onclang dirajang
1 bh tomat, potong kotak2
3 siung bawang putih geprek
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
Kecap asin
Garam sedikit
Merica
Mentega untuk menumis

Cara memasak :
1. Mie telor yang sudah direbus ,tiriskan, kemudian beri saus tiram dan kecap manis, aduk-aduk dan diamkan sebentar
2. Siapkan wajan , panaskan mentega, tumis bawang putih sampai wangi
3. Masukkan tomat, kol dan kecambah, tambahkan 1 sdm kecap manis, aduk-aduk hingga rata
4. Masukkan mie telor yang sudah dibumbui, aduk -aduk, tambah kecap asin, garam sedikit dan merica
5. Masukkan onclang , aduk terus sampai rata
6. Sajikan dengan bawang goreng

Note : sayuran bisa diganti atau ditambah dengan sawi hijau / cay sim atau wortel

Poiling Saus Tiram

Gak tahan lihat poiling di takashiemura dr. cipto akhirnya beli juga nih sayur , bisa dimasak 2 kali, ca bawang ma saus tiram. Kali ini menu saus tiramnya dulu


Bahan :
2 bonggol poiling ( potong akar , cuci bersih )
5 bh jamur kancing / perancis potong jadi 3
100 ml air campur dengan 1 sdm maizena
3 siung bawang putih geprek
3 cm jahe dirajang
1 sdm saus tiram
Kecap manis atau Gula sedikit
Garam
Merica
2 sdm minyak untuk menumis

Cara memasak :
1. Tumis bawang putih dan jahe sampai wangi
2. Masukkan sayur poiling , dan jamur aduk-aduk
3. Sebelum sayur layu, langsung masukkan bumbu saus tiram, kecap , garam dan merica, sambil diaduk-aduk sampai sayur berwarna hijau dan layu
4. Masukkan air maizena , sambil diaduk hingga maizena berubah warna jadi kecoklatan
5. Cicipi kalau sudah pas langsung sajikan ..hmm enak segar tapi kremes-kremes sayurnya ^^

Rabu, 23 Maret 2011

Sosis Gulung Mie

Makanan ini sering dijual di sekolahan untuk snack anak-anak sekolah , di internet resep ini juga mudah ditemukan, karena memang bikinnya gak terlalu susah, tapi harus telaten waktu gulung mie nya hehehe... Saya buat Sosis gulung mie ini karena ada sisa sosis dan mie kemarin, lagipula pengen juga coba-coba buat.


Bahannya :
5 bh sosis ayam atau beef ( frozen )
1 bh mie telor ( yang biasa saya beli 1 kantong isi 3 )
1 sdt kecap asin
1/2 sdt garam
Merica sedikit


Cara memasak :
1. Rebus mie , setelah matang tiriskan dan beri bumbu ( kecap asin, garam dan merica ) , aduk-aduk hingga rata , diamkan sejenak

2. Potong ujung sosis supaya merekah kalau digoreng

3. Balut sosis yang sudah dipotong ujungnya dengan mie yang sudah dibumbui

4. Goreng dengan minyak panas sosis yang sudah digulung mie, setelah matang tiriskan
5. Sajikan dengan saus sambal, makan saat baru digoreng supaya renyah ^^

Pizza Mie

Ini masakan pertama yang hubby masak untuk saya setelah kami menikah , tapi baru sempet foto dan upload sekarang , karena baru masak lagi hari ini . Resepnya simple, cocok untuk menu breakfast, cocok juga untuk anak kost, daripada cuman makan mie instan doang kan bosen, bisa diolah bentuk lain hehehe..


Bahan :
1 bks Mie instan ( disarankan rasa mie goreng )
1/2 bawang bombay di rajang
1 butir telor kocok Air untuk merebus mie

Cara memasak:
1. Rebus mie instan , sampai terurai , buang airnya / tiriskan
2. Siapkan piring, kocok telor di piring bersama bawang bombay dan bumbu mie instan ( termasuk minyak sayur, brambang goreng dan cabe nya )
3. Campurkan mie yang sudah direbus bersama telor yang sudah dikocok dengan bumbu
4. Siapkan teflon, oles mentega, tuang campuran mie dan telor ke atas teflon
5. Masak hingga dua sisi matang dengan api sedang, supaya mie tidak terlalu gosong tapi bagian tengah matang
6. Sajikan bersama sambal .. simple kan ^^

Selasa, 22 Maret 2011

Sapo Tahu Udang Ayam

Ide bikin sapo muncul karena masih punya tofu jepang di kulkas dan sedikit sayur dan jamur yang dibeli kemarin. Cara masaknya hampir sama capcay, hanya beda di bumbunya dikit.



Bahan :
50 gr udang ( buang kulit dan kepala, sisakan ekor )
100 gr daging ayam ( potong kotak-kotak )
1/2 ikat sawi putih , potong-potong
1/2 bh wortel besar, potong-potong
1 bh tahu jepang ( egg tofu ) , potong bulat-bulat
1 bh telor dikocok ( utk menggoreng tofu )
5 jamur kuping ( rendam dan potong
1 batang onclang , potong miring
4 siung bawang putih
1/3 bh bawang bombay rajang-rajang
3 cm jahe , dirajang / digeprek
500 ml air / air kaldu
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
2 sdm maizena (campur dengan sedikit air dan 1 sdm angciu )
Garam
Merica

Cara memasak :
1. Goreng tofu yang sudah dipotong bulat dan dilumuri telor kocok, hingga berwarna kecoklatan , kemudian angkat dan tiriskan
2. Tumis bawang putih, bombay dan jahe dengan sedikit minyak, hingga wangi tapi tidak gosong
3. Masukkan udang dan daging ayam
4. Masukkan saus tiram dan kecap manis, aduk-aduk
5. Masukkan air / kaldu
6. Masukkan wortel, hingga air mendidih
7. Masukkan sawi putih dan jamur kuping. Tambahkan garam dan merica.
8. Masukkan onclang
9. Masukkan air maizena sambil diaduk , hingga mengental
10. Setelah rasa pas dan kental, tambahkan minyak wijen dikit.
11. Sajikan di atas piring bersama tofu goreng :D



Senin, 21 Maret 2011

Tempura Sayur

Ini terinspirasi dari Okisaki, kalau saya sama adik saya sering banget makan makanan yang seperti bakwan sayur ini hehe... Apalagi di kulkas dan di rumah ada bahan2 untuk buatnya, termasuk dikasih ma cici ipar kacang panjang yang sudah dipotong-potong, daripada dioseng-oseng melulu , lebih enak dibuat Tempura hehe...


Bahan :
1 ikat kacang panjang potong-potong
1 bh wortel iris panjang-panjang seperti korek
1 bh bawang bombay ( rajang panjang-panjang )
5 sdm tepung terigu
2 sdm tepung beras
100 ml air

Bumbu ( dihaluskan dan campur telor kocok ) :
1 bh telor kocok
tumbar sedikit
2 sdt garam
1 sdt merica
1 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Siapkan baskom , masukkan sayur yang sudah dipotong
2. Masukkan tepung terigu dan tepung beras ke sayur, sambil diaduk-aduk supaya sayuran acak dan tepung rata
3. Masukkan telor kocok yang sudah dicampur bumbu dan air kemudian aduk lagi sampai rata
4. Siapkan minyak panas, masukkan adonan sayur seukuran centong
5. Setelah berubah warna dan matang , tiriskan minyaknya
6. Dimakan bersama saus atau kecap jepang yang untuk tempura.. enaaaakkk ^,^

Hawaiian Spaghetti

Ini proyek asal-asalan hehe.. karena punya nanas, jadi coba padukan dengan spaghetti. Karena biasa nya nanas identik sama menu hawaii.. jadi saya namain Hawaiian Spaghetti :P



Bahan :

200 gr Spaghetti
100 gr daging sapi cincang
4 sdm pasta bolognaise La Fonte ( bukan promosi lhoo )
1/2 bh bawang bombang ( cincang )
1/2 bh nanas ( potong-potong )
1 sdm mentega
Gula sedikit
Daun basil
Daun oregano
Keju parut untuk taburan

Cara memasak :
1. Rebus air dengan sedikit minyak dalam panci , masukkan spaghetti sampai semua bagian terendam air.
2. Setelah spaghetti empuk tiriskan dan siram dengan air dingin supaya tidak lengket. Setelah ai r dibuang, sajikan spaghetti di atas piring
3. Siapkan wajan anti lengket, tumis bawang bombang dengan mentega
4. Masukkan daging sapi cincang, masak sampai matang dan kering
5. Masukkan saus bolognaise La Fonte, tambahkan sedikit gula
6. Aduk sampai rata dan wangi, masukkan nanas, kemudian tambahkan daun basil dan oregano
7. Aduk-aduk terus sampai nanas rata saus dan basil oregano
8. Setelah matang , tuang ke atas spaghetti

8. Taburi keju parut dan sajikan ..hmmm yummy :D ada rasa manis asam asin wkwkwk...

Sabtu, 19 Maret 2011

Kuah Bokchoy Pangsit

Berhubung dibeliin papi kulit pangsit, terus karena akhir-akhir ini sering mendung dan hujan, pengen yang hangat-hangat, jadi lah menu kuah ini hehehe..
Bahan pangsitnya hampir sama dengan Pangsit Goreng tempo hari , hanya ada minyak wijen nya supaya lebih 'oriental' aromanya hehehe..



Bahan Pangsit :

100 gr daging ayam giling
50 gr udang dikupas dan dicacah
2 siung bawang putih dicacah
onclang / daun bawang, potong kecil-kecil
1 batang seledri potong kecil-kecil
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdm maizena
1 telor ( pisahkan kuning dan putih telornya )


Bahan kuah :
1 ikat Bokchoy / pakcoy / sawi sendok ( cuci dan potong-potong )
3 siung bawang putih ( dirajang )
1/2 bawang bombay ( dirajang )
2 cm jahe iris-iris
Garam
Merica
Gula
600 ml air ( air kaldu juga boleh )
1 sdt minyak wijen
1 batang onclang


Cara memasak Pangsit :
1. Campur daging ayam, udang, kuning telor, bawang putih , daun bawang dan seledri
2. Setelah diaduk rata taburi garam , merica , minyak wijen dan maizena sambil diaduk terus supaya adonan rata.
3. Siapkan lembaran-lembaran kulit pangsit
4. Ambil sedikit adonan taruh di tengah lembaran, kemudian lipat sehingga berbentuk seperti 'perahu'

Cara memasak kuah Bokchoy :
1. Tumis bawang putih , bombay dan jahe dengan sedikit mentega dan minyak , sampai aroma keluar tapi jangan gosong
2. Masukkan air / air kaldu ke dalam tumisan bawang
3. Masukkan pangsit yang sudah disiapkan ,
tambahkan garam ,merica dan gula
4. Setelah mendidih masukkan Bokchoy, onclang dan minyak wijen . Cicipi manis asinnya
5. Sajikan hangat-hangat... ^,^

Jumat, 18 Maret 2011

Ikan Saus Garlic / Bawang

Lagi-lagi pas saya ke Semarang, hubby jalan-jalan ke jepara, sambil anter temannya, dan seperti biasa selalu pulang membawa yang 'baru' hehe.. Kali ini dia beli ikan Kerapu , akhirnya coba cari-cari resep. Dan jadilah Kerapu saus bawang, intinya sausnya hampir sama dengan saus asam manis, tapi tanpa saus tomat dan ditambah minyak wijen biar harum. Dan saya baru tahu ternyata Ikan kerapu itu tidak terlalu amis / sangir hehehe..


Bahan Ikan goreng :

2 ekor kerapu ( karena saya pakai ukuran kecil .. sekitar 4 ons )
1 putih telor + 1 siung bawang putih geprek / halus ( dikocok )
Garam
Merica
Tepung maizena


Bahan saus :
3 siung bawang putih digeprek
1/2 bh bawang bombay dirajang

2 batang onclang potong-potong
250 ml air
1 sdm maizena campur dengan sedikit air + 1 sdt angciu

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

Garam

Merica

Gula

1 sdt minyak wijen


Cara memasak Ikan :

1. Bersihkan ikan, buang sisik dan isi perutnya , cuci bersih dan digurat-gurat

2. Taburi dengan garam dan merica di dua sisinya, diamkan sebentar supaya meresap

3. Masukkan ke dalam putih telor yang sudah dikocok

4. Lumuri dengan tepung maizena kemudian goreng hinga kulitnya kering dan keemasan

5. Angkat , sisihkan di piring bersih


Cara memasak saus garlic / bawang :

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan mentega sampai wangi tapi jangan sampai gosong !

2. Masukkan air, sambil masukkan saus tiram , kecap manis, gula , garam dan merica, cicipi rasanya sampai pas selera anda.
3. Masukkan adukan air maizena , kemudian didihkan sampai saus mengental

4. Tambahkan onclang dan minyak wijen kemudian matikan api

5. Siramkan saus di atas ikan yang sudah digoreng


Note : kalau tidak suka kecap manis , tidak pakai tidak apa, bisa diganti dengan gula. Selain ikan kerapu, resep ini juga bisa dipakai untuk resep ikan yang lain, seperti gurami, nila, patin, dst.

Rabu, 16 Maret 2011

Terong Goreng Tepung

Biar ada variasi, gak semua nya di balado ada sebagian terong yang goreng tepung. Olahan tepung ini favoritnya adik gw hehehe... Cara masak dan bahannya sama dengan goreng tepung yang lain.


Bahan :
1 bh terong potong bundar
1 siung bawang putih geprek
1 bh telor dikocok
Sedikit Garam
Tepung terigu
Tepung roti

Cara memasak :
1. Terong yang sudah dipotong bulat ( kulit tidak usah dikupas ) lumuri dengan tepung terigu
2. Kemudian celupkan di telor kocok yang sudah di beri bawang putih geprek dan sedikit garam.
3. Setelah itu lumuri dengan tepung roti
4. Terong yang sudah dilumuri digoreng dengan minyak panas hingga warnanya keemasan.
5. Tiriskan dan sajikan dengan saus sambal

Terong Balado

Ini request dari mertua hehehe... jadi iseng-iseng coba masak baladonya. Bumbunya simple , caranya simple, jadi rasanya juga simple.. :P

Bahan :
2 bh terong ungu ( pilih ukuran sedang , dipotong bundar )


Bahan Sambal balado :

3 cabe merah besar buang bijinya ( berhubung saya gak suka pedas, jadi pake cabe besar , kalau suka pedas pakai cabe merah keriting aja :P )

2 siung bawang putih
2 siung bawang merah

1/2 bh tomat
( semua bahan diuleg jadi satu )
Garam

Gula


Cara memasak :

1. Terong cuci bersih, potong bulat-bulat , kemudian cuci lagi
2. Goreng terong hingga agak layu , kemudian diisisihkan di piring bersih
3. Masak Bumbu sambal balado yang sudah diuleg jadi satu dengan sedikit minyak

4. Masak hingga wangi tambahkan gula dan garam, cicipi sesuai selera anda

5. Sajikan Terong yang sudah digoreng dengan sambal balado yang sudah matang

Note : terong gak harus dipotong bulat , bisa dibagi 2 memanjang seperti dijumpai di RM Padang.

Selasa, 15 Maret 2011

Bakmoy Ayam

Tengok-tengok lemari es, ada sisa ayam di freezer, juga ada sisa tahu yang belum digoreng. Jadilah muncul ide untuk bikin Bakmoy hehe.. sms mami tanya bumbu dasarnya terus coba-coba. Hasilnyaa.. tidak mengecewakan hehee... ^_^



Bahan :
1/4 ekor ayam atau dada ( rebus dan potong kecil-kecil )

2 bh tahu ( potong kotak kecil-kecil kemudian goreng dahulu )

3 batang daun bawang ( potong kecil-kecil )

2 butir telor ( direbus dulu dan dikupas kulitnya )

4 siung bawang putih dirajang

5 siung bawang merah dirajang
1 lt air kaldu ( air biasa juga gak papa , hanya aromanya kurang )
Kecap manis
Saus inggris sedikit ( 1/2 sdt )

Saus tiram sedikit ( 1 sdt )

Garam
Merica Seledri ( kalau suka )

Cara memasak :

1. Tumis bawang merah dan putih dengan 1 sdm mentega dan sedikit minyak hingga wangi

2. Masukkan ayam yang sudah direbus, aduk-aduk supaya wangi

3. Beri kecap 3 sdm , sambil aduk-aduk dan masukkan tahu dan telor . Kecilkan api
4. Aduk-aduk terus hingga ayam, tahu dan telor berwarna kecoklatan

5. Tambahkan air kaldu , tambah saus tiram, 3 sdm kecap manis lagi dan saus inggris sedikit

6. Masukkan Garam, merica dan daun bawang

7. Setelah didih masukkan seledri dan matikan
8. Sajikan dengan brambang goreng dan krupuk ^^ hmmm...yummy..

Senin, 14 Maret 2011

Oseng Terong



Pada dasarnya memasak oseng-oseng hampir sama semua, rasanya jadi beda karena bahan dasar yang kita pakai. Kali ini saya bikin oseng terong, lebih tepatnya bibi yang bikin , karena dia gak mau diam saja cuman lihat saya masak .. hehehe jadi kali ini beri kesempatan bibi ^^


Bahan :
2 bh terong , potong melintang ( bundar-bundar )
1 bawang bombay , rajang
1 cabe merah besar ( kalau suka pedas boleh ditambah dan ganti cabai merah keriting )
2 bawang putih rajang
5 bawang merah rajang
2 daun salam

3 cm laos
2 sdm Kecap manis ( saya gak pakai gula )
Garam sedikit
Merica sedikit

Cara memasak :

1. Cuci bersih terong yang sudah dipotong-potong , kulitnya tidak usah dikupas
2. Tumis dengan sedikit minyak , bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan cabai

3. Masukkan daun salam dan laos
4. Masukkan terong , aduk-aduk hingga bumbu rata , sambil beri kecap, garam dan merica
5. Setelah rata matikan api. Sajikan , enak dimakan dengan nasi hangat ada rasa manisnya ^^

Rabu, 09 Maret 2011

Setup Nanas

Berhubung dikasih kakak ipar nanas yang sudah matang , daripada cuman dimakan begitu saja, jadinya dibuat setup. Usul setup ini dari suami, karena ternyata kalau di Kudus , yang dinamakan setup itu berarti Setup Nanas, padahal kalau di Semarang kalau sebut setup berarti Setup Pisang.
Buatnya simple banget , rasanya enak dan wangiiii....cocok diminum hangat ataupun dengan es.


Bahan :
1 buah nanas , potong-potong dan cuci dulu dengan air garam
2 lt air
10 cm kayu manis / cinnamon
5 bj cengkih ( digeprek dulu biar wangi )
2 bongkah besar gula batu

Cara membuat :
1. Siapkan panci berisi air, masukkan gula batu kemudian didihkan
2. Masukkan nanas, kayu manis , dan cengkih , masak hingga harum
3. Setelah warna air kekuningan matikan api. Dinginkan sejenak baru dinikmati ^^

Pare Teri

Pulang kerja kemarin suami bawa 3 buah pare... katanya "Yaang.. besok masakin ini ya..." aku bilang "kan pahit..? kamu suka tha ?" Jawabnya "Iya , suka banget, mami ( note : mertua ) juga suka" . Langsung aku cari-cari resep dan mikir gimana enaknya masak pare hehehe.. maklum makan pare aja paling seumur hidup baru 2 kali . Akhirnya dengan pertimbangan , jadinya pake resep seperti ini. Hasilnya tetap pahit tapi enak juga sih hehehe...



Bahan :
2 buah pare ( kupas, dipotong-potong dan cuci dengan air garam biar pahit berkurang )

Teri medan ( goreng lebih dulu )
3 siung bawang putih dirajang
5 siung bawang merah dirajang

3 cm laos

2 lembar daun salam

1 sdt tumbar bubuk ( tumbar biji dihaluskan dulu )

2 sdm kecap
1 cabe besar di rajang

Garam sedikittt saja ( kalau mau dimakan sama teri )

Merica dikit


Cara memasak :

1. Pare digoreng lebih dulu supaya agak layu, kemudian sisihkan

2. Tumis dengan mentega , bawang putih, bawang merah , daun salam, laos tumbar , dan cabe dsampai baunya wangi

3. Campurkan pare yang sudah digoreng, aduk-aduk sambil beri kecap , garam dan merica

4. Setelah rata bumbunya , matikan api dan sajikan dengan teri

Pangsit Ayam Udang

Tempo hari bikin pangsit tapi kulitnya beli di Kudus kurang memuaskan hasilnya, karena setelah digoreng kulit jadi berminyak , keras, dan jadi tajam-tajam ujungnya. Nah, waktu ke Semarang sempatkan beli di gang baru, papi yang beliin karena papi yang tahu tempatnya. Alhasil, jadilah pangsit hari ini. Cara bikinnya mudah , yang paling lama bungkusin pangsitnya satu-satu hehehe....Saking semangatnya jadi bikin pangsit 2 model.. yang satu dilipat, yang satu di'keriting' ^,^




Bahan :
100 gr daging ayam giling
50 gr udang dikupas dan dicacah
2 siung bawang putih dicacah
7 btg daun bawang ( bukan onclang ) , potong kecil -kecil
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdm maizena
1 telor ( pisahkan kuning dan putih telornya )

Cara memasak :
1. Campur daging ayam, udang, kuning telor, bawang putih daun bawang
2. Setelah diaduk rata taburi garam , merica dan maizena sambil diaduk terus supaya adonan rata.
3. Siapkan lembaran-lembaran kulit pangsit
4. Ambil sedikit adonan taruh di tengah lembaran, kemudian lipat sehingga berbentuk pangsit
5. Setelah selesai memasukkan adonan ke dalam kulit pangsit, siapkan minyak panas, kemudian masukkan pangsit yang siap di goreng.
6. Goreng dengan api sedang, supaya bagian dalam matang dan bagian luar tidak gosong
7. Makan dengan saus tomat ataupun mayonaise ^^

Fallin Strawberry

Ini habis iseng lihat salah satu foto di internet jadi pengen eksperimen sekalian latihan foto dengan tema 'buah jatuh' hehehe... Pas tadi bibi ke pasar nitip sekalian strawberry satu pack. Setelah sortir strawberry yang akan dipakai dan dibersihkan , biar lebih mengkilap. Jadilah foto ini ..jreeeng.......


Selasa, 08 Maret 2011

"Sate" Cumi



Bahan cumi nya cukup banyak, jadi selain digoreng tepung sebagian dibuat 'sate' hehehe..



Bahan :
500 gr calamary / cumi yang sudah dipotong bulat seperti cincin
2 jeruk nipis


Bahan saus 'sate' :

1 bawang bombay dicacah
1 siung bawang putih dicacah
2 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
3 sdm kecap ( saya tidak pakai gula karena kecapnya sudah manis sekali )

1/2 sdt garam
1/2 sdt merica


Cara masak :
1. Cumi setelah dicuci bersih rendam dengan perasan air jeruk nipis 15 menit, kemudian cuci kembali dengan air bersih dan tiriskan.

2. Campur bahan saus di mangkok , masukkan cumi yang sudah dicuci ke dalam campuran saus, aduk hingga semua bagian terendam sausnya.

3. Diamkan selama minimal 2 jam ( masukkan di lemari es supaya lebih cepat merasuk )
4. "Bakar" dengan teflon , beri sedikit mentega, masukkan cumi dan bahan rendamannya , usahakan semua bagian cumi matang
5. Setelah agak 'gosong' sedikit , matikan api dan sajikan


Note : perhatikan tingkat keasinan garam dan keasaman saus tomat yang anda gunakan , takaran disini berdasarkan bahan yang saya pakai ^^

Cumi Goreng Tepung

Bagian cumi yang dipakai yaitu bagian badan, sebelum dicuci, bersihkan dulu kulit luarnya yang berwarna hitam , supaya putih , juga bersihkan tinta dan tulang yang ada di daerah badan cumi, sehingga bisa dipotong-potong jadi berbentuk seperti cincin.


Bahan :
500 gr cumi yang sudah dipotong bentuk cincin
2 telor ayam dikocok tambahkan 1 siung bawang putih ( digeprek ) , garam 1/2 sdt, merica sedikit
2 jeruk nipis
Tepung terigu
Tepung roti
Minyak goreng

Cara memasak :
1. Cumi yang sudah dibersihkan rendam dengan perasan jeruk nipis , selama 15 menit supaya bau amisnya hilang, setelah itu cuci dengan air bersih, tiriskan
2. Siapkan tepung terigu, telor kocok dan tepung roti
3. Pertama masukkan potongan cumi ke dalam tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam kocokan telur dan terakhir balut dengan tepung roti hingga rata
4. Goreng cumi yang sudah dibalut tepung roti dengan minyak panas, goreng kurang lebih 3 menit dengan api sedang, supaya tepung roti tidak gosong dan cumi matang
Jangan menggoreng cumi terlalu lama karena akan jadi kering dan terlalu kenyal .
5. Setelah berwarna keemasan, tiriskan minyak dan makan dengan saus sambal atau saus bangkok.. enakk !! ^^

Saya memotong cuminya kurang tipis, karena tadinya mkir cumi bakal menyusut jadi takut kekecilan, besok lain kali harus potong separo nya biar jadi lebih banyak hehehe..


Oseng Cumi

Tadinya cuman mau bikin calamary goreng tepung, tapi karena hubby beli cumi sampai 4 ekor , besar-besar , jadi daripada kepala dan bagian tepinya dibuang saja akhirnya kepala nya tetap dimasak oseng, dan ternyata rasanya enak dan gurih. Bahannya juga sederhana banget.



Bahan :
Kepala dan pinggiran /sirip cumi ( dipotong2 agak besar karena sewaktu digoreng akan menyusut )


Bumbu :

1/2 bh bawang bombay , dirajang

3 siung bawang merah, dirajang
2 siung bawang putih dirajang

1 buah cabe merah besar , rajang
2 sdm Kecap manis

Garam sedikit
( saya pakai 1 sdt )
Merica


Cara memasak :
1. Cumi yang telah dibersihkan , cuci bersih digoreng dengan minyak , supaya air dan cairan hitamnya keluar. Setelah matang , tiriskan cuminya
2. Di wajan lain , tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah dan cabe dengan sedikit minyak
3. Setelah wangi ,
Masukkan cumi yang sudah digoreng ke dalam campuran bumbu,
4. Beri kecap, garam dan merica , aduk-aduk hingga rata, kemudian matikan api.
5. Makan saat masih hangat supaya daging masih empuk

Fish n Chips ( ikan kakap )

Karena suami saya beli ikan kakapnya cukup banyak , jadi tidak sebagian saya buat Fish n Chips, intinya cara mengolah ikan kakapnya sama dengan kakap saus asam manis , hanya saja penyajiannya beda. Tanpa saus asam manisnya , tapi diganti dengan kentang goreng, dan sayur ( sesuai stock sayur di kulkas hehe... saya pakai wortel, kacang polong, dan brocolli ). Saya lebih suka pakai mashed potatoes , tapi berhubung gak punya alat untuk nge-mash nya jadi saya coba-coba bikin potato wedges , sayang rasanya belum terlalu enak, jadi resepnya belum bisa diupload hehe..


Bahan untuk ikan :
1 ekor ikan kakap ( pilih yang besar )
tepung terigu
tepung roti
1 butir telor ayam dikocok
1 siung bawang putih ( dicacah )
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
2 jeruk nipis

Pelengkap :
Kentang goreng / french fries
Wortel
Kacang polong
Saus may
onaise ( saya beri daun oregano )
saos sambal


Cara memasak :
1. Bersihkan ikan, ambil filletnya saja, potong sesuai selera ( saya potong nya jadi 2 lembar , sisi kanan dan kiri )
2. Siapkan piring , perasi 1 jeruk nipis, masukan ikan yang sudah dipotong dan dicuci bersih, perasi lagi dengan jeruk nipis sampai rata dan diamkan 15 menit ( untuk mengurangi bau amisnya )
3. Telor yang sudah dikocok beri bawang putih, garam dan merica
4. Setelah 15 menit , cuci kembali ikan dengan air dan tiriskan
5. Masukkan ikan ke tepung terigu sampai terlapisi rata, kemudian masukkan ke kocokan telor, setelah itu masukkan ke tepung roti hingga semua bagian terbalut
6. Lakukan hingga semua potongan terlapisi tepung roti
7. Siapkan minyak , panaskan
8. Setelah minyak panas, masukkan ikan yang sudah dilapisi tepung, dan kecilkan api, supaya bisa matang dagingnya tapi tepung luarnya tidak gosong.
9. Goreng semua dan tiriskan hingga minyak di ikan berkurang
10. Angkat dan sajikan dengan pelengkapnya

Senin, 07 Maret 2011

Kakap Saus Asam Manis



Weekend lalu waktu saya ke Semarang, ternyata hubby ke Jepara beli ikan kakap dan cumi segar. Karena gak mungkin dimasak semua jadi kita masak kakapnya dulu . Kebetulan banget pengen coba masak ikan asam manis, biasa sukanya gurami tapi karena ada nya kakap ya jadinya kita masak Kakap asam manis hehehe....


Bahan untuk ikan :
1 ekor ikan kakap ( pilih yang besar )
tepung terigu
tepung roti
1 butir telor ayam dikocok
1 siung bawang putih ( dicacah )
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
2 jeruk nipis

Bahan saus asam manis :
1/2 cangkir air
3 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
cuka sedikit
1 sdm gula pasir
1/2 bh wortel ( potong panjang2 seperti tusuk gigi )
1 bh bawang bombay
1 bh cabai merah besar ( buang bijinya .. potong panjang-panjang )
1 batang onclang ( potong serong panjang )
1 sdm mentega
2 sdm air + 1 sdm maizena ( diaduk , untuk pengental )


Cara memasak :
1. Bersihkan ikan, ambil filletnya saja, potong sesuai selera ( saya potong nya kotak-kotak )
2. Siapkan piring , perasi 1 jeruk nipis, masukan ikan yang sudah dipotong dan dicuci bersih, perasi lagi dengan jeruk nipis sampai rata dan diamkan 15 menit ( untuk mengurangi bau amisnya )
3. Telor yang sudah dikocok beri bawang putih, garam dan merica
4. Setelah 15 menit , cuci kembali ikan dengan air dan tiriskan
5. Masukkan ikan ke tepung terigu sampai terlapisi rata, kemudian masukkan ke kocokan telor, setelah itu masukkan ke tepung roti hingga semua bagian terbalut
6. Lakukan hingga semua potongan terlapisi tepung roti
7. Siapkan minyak , panaskan
8. Setelah minyak panas, masukkan ikan yang sudah dilapisi tepung, dan kecilkan api, supaya bisa matang dagingnya tapi tepung luarnya tidak gosong.
9. Goreng semua dan tiriskan hingga minyak di ikan berkurang


Cara memasak saus :
1. Tumis bawang putih dan bombay dengan mentega
2. Masukkan air , wortel, saus tomat, saus sambal, gula dan cuka
3. Setelah wortel agak matang, masukkan cabai, onclang dan nanas
4. Beri air maizena sedikit-demi sedikit sambil diaduk, supaya saos mengental
5. Setelah mengental matikan api

Sajikan ikan yang sudah digoreng dengan saus asam manis ...enak ^,^


Seperti biasa, tingkat keasinan, kemanisan dan keasaman silakan sesuaikan dengan selera anda, jangan lupa cicipi sebelum kompor dimatikan.

Just for Fun ^^ ~Panekuk Mini

Sabtu malam minggu, kami sekeluarga pergi makan di Shabu Auce jl. Gajahmada Semarang. Dengan menu satu harga makan sepuasnya, kita bisa memilih mulai daging, sayur, snack, minuman, hingga dessert. Ini saya foto salah satu menu snack nya : mini panekuk hehehe..


Jumat, 04 Maret 2011

XO Suki Semarang

Akhirnya sempat juga mencoba Restaurant Suki yang baru ini di Semarang, (X.O biasanya diartikan eXtra Ordinary, cuman gak tau arti X.O disini apakah sama ) . Namanya restaurant baru gak afdol kalau gak menyempatkan diri untuk mencoba hehehe.. apalagi keluarga kan hobby kuliner. Secara lokasi , tempat nya cukup strategis di daerah Semarang atas yang gak jauh dari pusat kota, parkirnya juga luas sekali, sehingga biarpun ramai , semua mobil dapat space parkir.

Cara makan di resto ini menggunakan sistem warna piring ( seperti di Padang Plus ) , jadi warna piring menandakan harga per piringnya , misalnya untuk piring warna biru muda harga Rp. 9.800,- / porsi , sedangkan biru tua Rp. 20.800,-/ porsi. Memang bila dilihat sekilas, harga per porsi tidak terlalu mahal, tapi setelah dimakan semua agak mengecewakan, karena dari segi rasa juga tidak istimewa dan jatuhnya jadi mahal banget...

Warna-warna piring menunjukkan harga per piring/porsi ( gbr. dari makanmana.net )


Untuk menu ala carte nya, pilihannya memang cukup variatif, dan jarang ada di resto jepang atau chinese. Dari segi penampilan cukup menarik tapi dari segi rasa tidak istimewa. Kami order Suki dengan kuah ayam (ada pilihan kuah ayam dan tom yam ) , ayam panggang spesial, tahu cabe garam, dan udang gulung goh hiang. Tanpa disc 30% dengan BCA card, harga di XO relatif mahal dan kurang bersaing dengan resto-resto lainnya. Yah, paling gak untuk icip-iciplah hehehe...

Ini ada beberapa foto sayangnya saya lupa bawa camera hiks..hiks.. T,T jadi terpaksa pakai HP deh. Harap maklum kalau gambarnya kurang jelas hehehe..





Oseng Tahu Kacang Panjang



Ini masakan Jawa yang murah meriah tapi enak, apalagi kalau dimakan sama nasi hangat , krupuk dan bawang merah goreng hehehe...


Bahan :
Kacang panjang
potong-potong
Kecambah / tauge

Tahu ( digoreng dulu )

5 siung bawang merah dirajang
3 siung bawang putih dirajang

3 cm Laos

3 lbr daun salam
2 bh cabe keriting dirajang ( kalau suka pedas bisa ditambah )
Kecap manis

Garam

Merica


Cara memasak :

1. Rebus sebentar kacang panjang dan tauge ,supaya bau 'langu' nya hilang dan setengah matang 2. Potong-potong tahu yang sudah digoreng ( bisa dipotong dulu baru digoreng, terserah selera anda )
3. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe dengan sedikit minyak goreng
4. Setelah wangi masukkan daun salam dan laos
5. Kemudian masukkan sayur-sayur ( kacang panjang, tauge, dan tahu )
6. Beri kecap manis ( kira2 2 sdm ), 1 sdt garam dan 1 sdt merica . Takaran ini sesuai dengan selera dan rasa bahan. Saya tidak memakai gula lagi karena kecap manis yang saya pakai sudah sangat manis.
7. Kalau suka boleh ditambahkan sedikit air. Setelah bumbu rata , angkat dan sajikan.

Kamis, 03 Maret 2011

Simple and Fast Sandwich

Kali ini buat sarapan praktis yang mengenyangkan hehe.. Sandwich "Seadanya" buatnya cepat.


Bahan :
2 Roti tawar yang kotak tanpa kulit

1 lembar keju slice

1 lembar smoke beef ( panaskan dulu pakai teflon )

Selada

Potongan Tomat

Saus tomat

Saus sambal

Mayonaise ( kalau suka )

Cara membuat :
1. Siapkan 1 lembar roti tawar, tata di atasnya keju, smoke beef, selada dan tomat
2. Beri saus tomat , sambal dan mayonaise sesuai selera

3. Tumpuk lagi di atasnya 1 lembar roti tawar siap dimakan


Note : kalau suka, roti tawar dapat di toast dulu atau dipanaskan di atas teflon, supaya ada gosongnya dikit-dikit. Isiannya juga bisa divariasi misalnya dengan telor mata sapi, keju parut, maling, tuna, irisan sosis, cornet, dst tergantung bahan yang ada ^,^

Rabu, 02 Maret 2011

Gado-gado Semarang

Ini makanan khas Jawa .. kalau di Semarang sih namanya gado-gado, kalau di daerah lain soalnya ada sejenis , mirip-mirip gado-gado tapi beda namanya. Cara buatnya sebenarnya mudah , tapi karena banyak bahan , jadi harus rebus dulu .


Bahan :
Lontong (beli jadi )
Telur ( direbus )
Kentang , potong sesuai selera ( direbus )
Kol / kubis
Kacang panjang
Tauge / kecambah
Selada
Tomat
Tahu
Kerupuk udang
Emping
Bawang merah goreng

Bumbu nya saya pakai bumbu kacang padat tapi yang home made, bisa dibeli di pasar tradisional. Bumbu siap pakai itu dicairkan dengan air panas dan sedikit santan supaya gurih.

Cara membuat :
1. Rebus kol, kacang panjang, tauge / kecambah, kentang, dan telur ayam, setelah matang tiriskan airnya
2. Goreng kerupuk, emping dan tahu
3. Tata di piring bersama selada , tuang bumbu di atas semua bahan, taburi bawang merah goreng

Selasa, 01 Maret 2011

Soup Merah aka. Minestrone Soup

Sop Merah atau Minestrone soup ini modifikasi dari soup sebelumnya ( Family Soup ) . Jadi cara memasaknya hampir sama , hanya beda sedikit di bumbunya. Rasa soup merah ini asam, manis, segar , ada aroma Italy nya , cocok banget dimakan sama garlic bread, tapi kali ini saya pakai roti tawar goreng. Rasanya ?... hmm gak kalah sama garlic bread hehehe...



Bahan :
250 gr dada ayam , potong-potong dan rebus lebih dulu dengan air 3 gelas

50 gr makaroni
2 buah sosis babi ( dari cina , yang ada kuah di kalengnya ) potong serong-serong

1/4 kaleng maling ( babi ) / harmworst , potong kotak-kotak

2 buah wortel , iris sesuai selera ( saya suka nya dibentuk seperti bunga ^^ )
2 buah kentang potong kotak-kotak
1 buah bawang bombay dirajang
3 btg onclang
1 btg seledri ( diikat )
Garam
Merica
Pala diparut
2 sdm Gula
3 bh tomat ( diblender )
Daun basil dan oregano ( optional, supaya lebih terasa aroma Italy nya :D )
Mentega untuk menumis
2 sdm air campur dengan 1sdm maizena ( untuk mengentalkan )


Pelengkap : roti tawar potong kotak-kotak kecil , goreng dengan minyak panas, sampai berwarna coklat.

Cara memasak :
1. Rebus dahulu kentang, wortel dan makaroni , tiriskan di piring
2. Siapkan wajan , beri mentega untuk menumis bawang bombay
3. Masukkan ayam yang sudah direbus , bersama air kaldunya
4. Masukkan kentang, wortel, makaroni, maling, sosis
5. Tambahkan juga air sosis nya sedikit ( 5 sdm ) dan tomat blender
6. Saat mendidih mulai tambahkan air maizena , garam, merica , gula dan pala ( diparut langsung )
7. Aduk hingga rata sambil masukkan daun bawang dan seledri
8. Cicipi rasanya, kalau sudah pas matikan api dan sajikan bersama roti tawar goreng / garlic bread

Note : daging ayam diganti daging sapi juga enak. Seharusnya minestrone soup ini memakai kacang merah, berhubung tidak punya jadi saya skip hehehe..

Family Soup



Ini sih sebenarnya soup ala chinese, tapi saya namai Family Soup karena ini favorite keluarga saya dan keluarga suami. Pembuatannya mudah hanya saja persiapannya memang agak ribet, karena banyak yang perlu dimasak lebih dahulu. Yuk mulai ^^


Bahan :
250 gr dada ayam , potong-potong dan rebus lebih dulu dengan air 3 gelas

50 gr makaroni
2 buah sosis babi ( dari cina , yang ada kuah di kalengnya ) potong serong-serong

1/4 kaleng maling ( babi ) / harmworst , potong kotak-kotak

2 buah wortel , iris sesuai selera ( saya suka nya dibentuk seperti bunga ^^ )
2 buah kentang potong kotak-kotak
1 buah bawang bombay dirajang
3 btg onclang
1 btg seledri ( diikat )
Garam
Merica
Pala diparut
Gula
Mentega untuk menumis

Cara memasak :
1. Rebus dahulu kentang, wortel dan makaroni , tiriskan di piring
2. Siapkan wajan , beri mentega untuk menumis bawang bombay
3. Masukkan ayam yang sudah direbus , bersama air kaldunya
4. Masukkan kentang, wortel, makaroni, maling, sosis
5. Tambahkan juga air sosis nya sedikit ( 5 sdm )
6. Saat mendidih mulai tambahkan garam, merica , gula dan pala ( diparut langsung )
7. Aduk hingga rata sambil masukkan daun bawang dan seledri
8. Matikan api dan sajikan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...