Jumat, 30 November 2012

Udang Ayam Gulung Ham

 Masakan ini sering banget dijumpai di Chinese Resto , disajikan dengan saos yang agak cair dan manis. Awalnya saya kira susah membuatnya ternyata mudah , bumbunya sederhana dan gak terlalu ribet asalkan bahan sudah siap.


Resep ini judul aslinya Udang He Kiu , diambil dari buku resep Masakan Peranakan Tionghoa Semarang


Bahan : 
15 ekor udang ukuran sedang ( buang kepala, kupas kulit, belah punggung dan buang urat hitamnya )
200 gr daging ayam giling 
5 lembar ham/ smoked beef  potong jadi 3 bagian
Garam
Merica
Minyak untuk menggoreng

Bahan adonan tepung : 
5 sdm penuh tepung terigu
2 telor kocok + air 2 sdm
Sedikit Garam
( Semua bahan adonan diaduk merata hingga mengental dan halus ) 

Bahan saus : 
2 siung bawang putih digeprek
3 sdm saus tomat
1 sdm gula pasir
50 ml air
2 sdm air + 1/2 sdm maizena
--- untuk saus Boleh ditambahkan sedikit cuka atau sambal kalau suka

Cara memasak : 
1. Bumbui udang yang sudah dibersihkan dengan garam dan merica sedikit saja merata
2. Masukkan daging ayam di bagian belahan udang 
3. Bungkus dengan ham



4. Celupkan ke dalam adonan tepung
5. Goreng dengan minyak panas api sedang hingga kecoklatan
6. Tiriskan minyak kemudian sajikan bersama saus

Cara membuat saos : 
1. Panaskan air masukkan bawang putih geprek
2. Masukkan saos tomat, gula pasir , aduk merata
3. Untuk mengentalkan masukkan air maizena , setelah mendidih matikan api


Kalau mau ala Eropa bisa dimakan bukan dengan saus tomat tapi dengan Mayonaise hehehe enak juga rasanya .


Kamis, 15 November 2012

Chicken Katsu Pancake

Sebenarnya sudah beberapa kali saya bikin pancake, tapi karena cuman pancake nya saja tanpa topping apa-apa jadi belum pernah terfoto dan tershare kan resepnya. Nah pas mau bikin pancake ini , 2 hari sebelumnya kami ke Pazzo Pancake, salah satu kedai Pancake baru di Kudus , tepatnya di depan area Hypermart. Kami pergi dengan dua ponakan saya Risa dan Jeni. Setelah menu disajikan ternyata rasanya standar banget, saya bilang ke Jeni kalau kita bisa bikin sendiri mirip ini hehehe.. kan juga cuman pancake dikasi topping macem2 aja gitu.

Nah hari ini Jeni menagih janji untuk membuat pancake, kebetulan bahan juga sudah ada dan punya yoghurt Elle Vire 'gratisan' karena sempet ambil di Hotel tempo hari hehehe... jadi dipakailah.

Resep pancake ini aslinya saya ambil dari sini , berikut copy resepnya dengan sedikit modifikasi. Hasilnya memang tidak persis sama dengan yang dijual tapi gak kalah enak kok hehehe... Ini hasil kerja saya dan Jeni.

Jeni nampang dengan pancake nya
Bahan :
1  cup tepung terigu ( saya pakai gelas belimbing)
1.5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1 butir telur
25 gr butter yang sudah dilelehkan ( saya pakai mentega )
3/4 cup yogurt ( saya hanya pakai 1/2 cup, takut terlalu asam )
100 ml susu tawar UHT



Yoghurt gratisan hehehe.

Bahan Isi : 

4 fillet ayam ( beli di hypermart ) 
Tepung bumbu untuk menggoreng ayam
Lettuce / selada
Tomat dirajang
Saos Sambal
Mayonaise

Cara Membuat :
1. Kocok telur dengan memakai whisk sampai berbusa, masukan sedikit demi sedikit yogurt dan susu cair.
2. Campur semua bahan kering, aduk hingga rata.
3. Masukan bahan kering ke kocokan susu telur sedikit demi sedikit
4. Masukan mentega leleh aduk rata.

5. Setelah bahan rata dan halus, tidak ada gumpalan-gumpalan ambil satu entong ( istilahnya apa ya hehehe.. ) 
6. Karena saya pakai teflon yang besar jadi adonan saya tuang di satu titik hingga melebar berbentuk lingkaran , api harus kecil karena kalau tidak adonan cepat gosong. Lakukan di sisi baliknya juga
7. Lakukan sampai semua adonan habis



Pancake-pancake yang sudah matang




Mayonaise favorit saya karena tidak terlalu asam

Membuat Isi : 
1. Lumuri daging fillet dengan tepung bumbu, kalau tidak ada juga bisa dengan cara bumbui ayam dengan garam dan merica kemudian beri tepung maizena
2. Lumuri kembali ayam dengan tepung bumbu yang sudah diberi sedikit air ( untuk mempertebal kulit tepungnya ).
3. Goreng ayam dengan minyak panas dan api sedang
4. Tiriskan ayam yang sudah berwarna keemasan

Cara menyajikan : 
1. Tata pancake di piring kemudian beri lettuce / selada lembaran ataupun dirajang supaya lebih mudah masuk mulutnya hehehe..
2. Tata ayam dan tomat 
3. Beri mayonaise dan saus sambal
4. Siap disantap







Topping pancake bisa sangat bervariasi. Next time saya tampilkan dengan topping yang lain wkwkwk...

Sabtu, 10 November 2012

Ayam Gulung Ham Cah Sayuran

Kembali bersih-bersih blog karena kesibukan ngeblog di kamar lain ( note : http://jurnal-kasih.blogspot.com )  dan urusan pribadi hehehe.. Kali ini menu eksperimennya sebenarnya gak susah-susah banget. Bahannya juga simple dan sederhana. Mama saya sering memasak sayuran model begini karena memang cepat bikinnya.

Bahan :
Ayam fillet 200 gram  ( saya beli yang fillet panjang2 di supermarket )
3 lembar Smoke beef ( saya pakai merk B*rnadi )
Tepung ( tepung terigu, tepung maizena atau tepung ayam goreng siap pakai)

1/2 bawang bombay besar dirajang
2 bawang putih digeprek
2 ikat sawi hijau
1 bonggol brocolli ukuran sedang ( rebus bentar )
1 wortel ( potong dan rebus bentar )

Garam
Gula
Merica
Minyak goreng untuk menumis
1 sdm mentega



Sedikit air  ( bisa ditambah maizena sedikit kalau mau agak kental )

Cara memasak :
1. Lebih dulu gulung ayam dengan ham dan lumuri tepung , kemudian digoreng dengan minyak panas dan api sedang supaya tidak gosong tepungnya dan bagian dalam matang.  Tujuan diberi tepung supaya bagian ayamnya tidak keras.
2. Setelah ayam ham digoreng, sisihkan




3. Panaskan minyak + mentega, tumis bawang putih dan bombay dengan api sedang
4. Setelah harum masukkan sawi hijau , aduk dan tutup sebentar supaya sayuran tetap hijau
5. Masukkan wortel dan brocolli, bisa tambahkan sedikit air aduk , kemudian masukkan ayam ham yang sudah digoreng tadi
6. Tambahkan gula, garam dan merica , dan sedikit air maizena
7. Cicipi hingga pas. Jangan dimasak terlalu lama supaya sayuran tidak layu  ( sawi saya terlalu layu karena kelupaan siapkan air maizenanya jadi kelamaan di wajan dah sawinya  hehehe.. )



Sabtu, 08 September 2012

Homemade Garlic Bread

Gara-gara nonton tv acara Tasty Road, ada resep garlic bread , keliatannya gampang banget jadilah besoknya langsung gw cari bahan-bahannya. Dan bener , selain mudah , simple rasanya mirip pizza gubug punya :P ... langsung meluncur resepnyaa......

Bahan :
2 siung bawang putih ( dihaluskan ) 

1 batang french bread atau bacquete ..hehe bener gak ya tulisnya ( saya beli di bakermart ) yang ukuran kecil gak nyampe 5 ribu perak hehe..

3 batang peterseli ( dirajang halus .. gw rajang kurang halus hehee.. ) , kalau susah cari pakai parsley kering yang sudah dikemas juga bisa, soalnya kalau beli harus satu gendel sih hehehe... cuman ya demi kesegaran dan memang pengen coba buat pakai yang seger
2 sdm mentega  / butter ( kalau pakai mentega tidak perlu garam karena sudah gurih ) 





Cara membuat :
1. Campur mentega / butter dengan bawang putih dan peterseli sampai rata
2. Potong roti bacquete jadi 15 potong ( kurang lebih 2 cm an )
3. Oleh salah satu sisi roti yang sudah dipotong dengan campuran mentega bawang tersebut. Tidak perlu terlalu tebal yang penting rata, karena kalau terlalu tebal bisa eneg rasanya hehe..
4. Tata di dalam panggangan oven 
5. Setelah oven panas masukkan roti yang sudah dioles dengan suhu 150 derajat kurang lebih 5 menit.
6. Roti akan berwarna kekuningan dan makan saat masih hangat karena rotinya akan jadi lebih empuk, kalau dingin roti tersebut jadi keras hehehe...



Bagi yang tidak ada oven bisa memakai teflon, cukup tengkurapkan bagian yang di oles ke permukaan teflon selama 30 detik saja hanya untuk cairkan menteganya. Rasanya sama enaknya. 

Banyak variasi untuk topping garlic bread ini  , bisa ditambahkan cheddar, mozzarela ataupun salad segar di atasnya. 
Kalau di resep Tasty Road ditambahkan salad dengan jamur shitake segar dan tomat kemudian diberi perasan air lemon dan parutan kulit lemon. Keliatannya sih seger banget wkwkw....*jadi ikutan ngiler :D

Kalau gak punya roti bacquete juga bisa pakai roti tawar lhooo gak kalah rasanya ^,^

Selamat mencoba....

Jumat, 07 September 2012

Sop Buntut ala Tante Hanna

Lamaaaaaaa gak ngeblog hehehe.. selain belum coba resep baru juga sibuk jadi bodyguard Karen yang udah mulai berdiri dan rambatan , sehingga gak mungkin ditinggalkan seorang diri di dalam kamar. 

Kembali ke resep... wkwkwk.. Kemarin waktu belanja di Hypermart ngeliat buntut sapi yang baru aja dipotong ..aduh jadi pengen masak buntut, biarpun hubby gak doyan sapi  , tapi kalau di sop dia tetep mau dimakan sayurnya :D . Selain itu kaldunya bisa untuk campuran buburnya Karen hehe...

Dulu gw pernah coba masak sop buntu ngikutin resep di buku dan di internet , tapi belum pernah pas rasanya seperti yang dijual-jual itu. Tadi pagi bisa kepikir BB Tante Hanna, dulu jaman gw kerja di tempatnya dia pernah masak sop buntut yang enak banget seperti yang dijual di rumah makan. Nah ternyata bener resepnya gampaaaaang banget dan enaaaaakkk hehehe.... gak pake ribet dah.



Bahan : 
300 gr buntut sapi ( gw beli sudah pack-pack an jadi sudah potongan ) 
2 buah kentang ( potong agak besar direbus ) 
1 buah wortel ( potong agak besar direbus )
2 batang onclang
1 batang seledri yang agak besar
Garam
Gula sedikit
Merica / merica hitam 
Bawang merah goreng
750 ml air 

Cara memasak : 
1. Rebus buntut sampai air mendidih, buang airnya ( untuk menghilangkan bau buntutnya ) , rebus dan didihkan air bersih kemudian masukkan buntut kecilkan api dan tutup panci, masak dengan api kecil hingga daging empuk ) 
2. Setelah daging empuk masukkan batang onclang dan seledri tanpa dipotong ( hanya cukup diikat aja ) , beri garam, merica dan gula , cicipi hingga sesuai selera , setelah sekitar 3-5 menit dan baunya sudah harum matikan api.
3. Tata wortel dan kentang di mangkuk beri kuah sop buntutnya, taburi bawang merah dan onclang. Langsung disantappp panas-panas hehehe...




Note : untuk kuahnya bisa tambah alternatif :
** tomat segar 1 buah
** parutan pala
** bawang merah goreng nya ikut dimasukkan bersama dengan kuahnya langsung



Senin, 30 Juli 2012

Pizza Rumahan

Seperti biasanya sambil menengok-nengok apa saja bahan yang ada di rumah,  masih ada sisa 5 lembar roti tawar mini bingung mau dimakan sama apa ( lagi bosen pake olesan biasanya ) dan kebetulan di lemari es ada sisa paprika hijau yang lama belum termasak dan pas saya punya stok daging giling dan sosis.
Timbullah keinginan untuk bikin pizza dengan roti tawar selain pengen eksperimen juga pakai keju kraft yang Quicky Melt yang baru saya beli *bukan promosi lho yaaaa hehehe.... Beli yang Quicky Melt karena bisa meleleh dan kalau beli mozarella kan mahal bokk :D

Saya sih bayanginnya olesan saus pizzanya seperti rasa bolognaise, ada aroma basil dan oreganonya kemudian bahan yang lain sih tinggal ditata aja sesuai selera. Namanya juga pizza sederhana jadi pakai bahan sederhana saja yaaaa.. jangan dibandingin sama pizza nya gubug ^,^

Bahan saus olesan : 
50 gram daging giling
1/2 bawang bombay ( dicacah )
5 sdm saus tomat ( boleh ditambah saus sambal kalau mau agak pedas )
1 sdm gula
Garam
Basil dan oregano ( boleh diskip kalau tidak ada )

Asesories :
Paprika ( warna terserah , dirajang )
Sosis ( saya pakai sosis frozen rasa ayam  )
Bawang bombay ( rajang tipis)
Brocolli ( optional )
Jamur kancing ( optional )

Parutan keju Quicky Melt sesuai selera


Cara membuat saus : 
1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis daging hingga agak matang dan kering, kemudian sisihkan
2. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak , setelah wangi masukkan kembali daging dan aduk-aduk
3. Segera tambahkan saus tomat, bisa juga saus sambal kalau mau agak pedas, basil, oregano, garam dan gula. Beri sedikit air supaya lebih mudah tercampur
4. Setelah matang langsung matikan api

Penampakan sebelum dioven


saat didalam oven ^,^



Cara menata "Pizza"
1. Siapkan roti tawar, oles bagian bawahnya dengan sedikit mentega
2. Oleskan saus berdaging secara merata
3. Tata asesories di atasnya ( sosis, paprika, bawang bombay, dll. )
4. Beri taburan keju Quicky Melt ( berhubung sewaktu membuat ini saya masih punya sedikit sisa keju biasa , jadi saya sertakan ) . Alhasil maafkan kalo ada serabut-serabut keju kering setelah jadi hehehe...dan maafkan juga berhubung buru-buru saya tidak sempat memarut Quicky Meltnya jadi langsung saya potong aja ( maklum cepet-cepet mau urusin baby :D ) 
5. Setelah semuat tertata masukkan dalam oven kira-kira 200 derajat selama 10 menit
6. Hasilnya roti tawarnya akan terasa cripy dan gurih enak banget dimakan hangat-hangat sambil dicocol sambal.

Setelah dioven ..maaf ada penampakan serabut keju karena sebagian keju memang bukan Quicky Melt



---
Saking senangnya pizza roti tawar saya berhasil keesokan harinya saya mau coba-coba dengan roti pizza siap saji yang dibeli di supermarket, tapi kali ini full dengan keju Quicky Melt hehehe....


Roti pizza siap saji


Penampakan dengan Roti Pizza








Hasil akhir Pizzanya .. enak dan crunchy ^,^


NB  : 
Oiya satu lagi kalau kesulitan bikin saus olesannya , alternatif lain bisa pakai saus bolognaise yang sudah jadi seperti La fonte , Pronas, dll.. hehehe...Langsung tinggal tuang ke roti pizza nya, tata asesories, taburi keju.. jadi deh ^,^

Kamis, 26 Juli 2012

Cream Seafood Pasta

Berhubung lama gak eksperimen resep-resep karena kesibukan ..cie.. lagi bertobat nih minggu-minggu ini lagi ujicoba resep dan masak memasak lagi hehehe.. Salah satunya resep ini gw dapet di selebaran Hypermart , dari judulnya aja sudah menggoda Cream Seafood Pasta , maklum udang dan pasta itu favorit gw hehehe jadi tiap ada masakan yang berbau pasta dan udang pasti pengen nyobain.


Sebenarnya resep ini dari promosi salah satu cooking cream yaitu merek Elle vire , jadinya ya mau gak mau gw beli sekalian cooking creamnya :D


Bahan-bahannya mirip dengan resep sebelumnya Aglio e Olio hanya saja ditambahkan cooking cream dan brocolli. 

Bahan : 
100 gr Udang , pilih yang ukuran sedang ( buang kepala dan urat nya ) kemudian rendam dengan air jeruk nipis supaya amisnya hilang
100 gr spaghetti ( hehe kurang lebih 2 porsi lah ) 
3 bawang putih dicacah
1/2 brocoli kecil ( potong kecil-kecil ) 
perasan 1/2 bh jeruk nipis / lemon + 5 sdm air ( alternatifnya bisa pakai sirup Sunquick rasa lemon + 5 sdm air )
1 cabe merah keriting ( potong-potong , kalau suka pedas bisa ditambah
2 sdm cooking cream ( kalau gak ada bisa pakai susu tawar )
Garam
Merica hitam bubuk  / merica saja juga gak papa
Basil dan oregano ( untuk aroma saja sih, mau di skip juga gak papa ) 
 
Cara memasak : 
1. Rebus spaghetti dengan air yang diberi sedikit minyak dan garam, setelah matang tiriskan
2. Panaskan sedikit minyak di wajan masukkan bawang putih yang digeprek ( kira-kira separuh bahan )
3. Setelah wangi masukkan udang, beri sedikit air jeruk lemon/ nipis dan basil
4. Jangan masak lama-lama, karena nanti udangnya keras. Cukup sampai udang berubah warna , langsung matikan api dan sisihkan
5. Dengan wajan yang sama,  panaskan kembali sedikit minyak , tumis bawang putih cacah dan potongan cabe dan brocolli , setelah harum masukkan spaghetti , aduk-aduk beri air jeruk lemon / nipis 2 sdm , tambahkan garam dan merica hitam
6. Masukkan tumisan udang ke dalam wajan, sambil diaduk dengan spaghetti , tambahkan sekalian cooking creamnya , aduk-aduk terus
7. Tidak perlu lama-lama matikan api dan sajikan
 
Cepat , mudah, enak dan murah ^,^
Selamat mencoba
 

 
 
 

Rabu, 25 Juli 2012

Jadi Food Blogger ?? Siapa Takuuutt ^,^

Wuaaaa... lama banget gak ngeblog resep dan update disini *bersihin sawang di blog* . Yang pasti selain sibuk dengan baby gw yang sudah mulai bisa merangkak kesana kemari *jadi satpam extra , gw punya kesibukan baru yaitu mereview resto dan tempat makan di situs Openrice.com . ( Bagi yang penasaran sama review gw bisa klik sini ) Kenapa mau susah-susah ngereview ? hehehe maklum aja gw lagi kejar rewardnya yang Ipad, camera DSLR, dll yang sangat menggiurkan :P , minimal kejar reward voucher carefour senilai Rp. 500.000,- lumayan banget kan untuk kebutuhan belanja.



Nah karena sudah kebiasaan tiap makan dimana saja gw selalu review, akhirnya sekarang me-review jadi hobby baru. Memang kesannya udik banget , masa tiap kali makan selalu motoin tempat makan, motoin makanan, minuman, exterior sampai mungkin yang ngelihat heran ini cewek 'ndeso banget hahahaha ... Cuman ternyata mereview itu justru asyik banget , bisa menyatukan semua hobby gw mulai merasakan berbagai sensasi rasa makanan yang baru dan berbeda, bisa mencurahkan hobby fotografi dan yang pastinya bisa tetep menajamkan tulisan-tulisan gw ( maklum selama ini gw sulit banget merangkai kata-kata yang indah.. cieee ) . Dari 'tugas' review-review tersebut, sekarang gw merasa ada tantangan baru yaitu sebagai Food Blogger. Sayang kan sudah difoto dan ditulis panjang lebar kemudian dibiarin di hard disk, hehehe kalo diunggah sekalian ke blog selain bisa 'pamer' juga bisa jadi rekomendasi untuk para pembaca, dan siapa tau kapan-kapan bisa menang kompetisi nge-blog hahaha *dreaming mode on

Salah satu Food Blogger yang sangat menginspirasi gw ada inijie.com , pada awalnya si Jie juga iseng foto makanannya pake hp dan raket ( kamera pocket .. bukan DSLR lho sodara sodari ) ,  kemudian dia menulis kesan tempat dan rasa makanan tersebut di blognya , karena kemudian si Jie konsisten selama 6 tahun melakukan hal tersebut akhirnya sekarang Food Photographer justru menjadi profesinya. Ngiler dah kalau liat blognya dia hehehe.. 

Supaya blog ini terupdate terus akhirnya gw putuskan kalau review-review tempat makan gw sertakan sekalian di blog ini , kan tetap bertema EAT :D
Soooo... nantikan terus ya perjalanan kuliner gw ^,^  dan terimakasih sudah mampir / blogwalking disini :D




Selasa, 22 Mei 2012

Kroket Telur Tersembunyi / Beef Ball ^^

Holaaa... kemarin sabtu nonton acaranya Edwin Lau di Metro , kebetulan acara memasaknya keliatan gampang namanya Kroket Telur Tersembunyi, intinya daging giling dibulat-bulat dalamnya ada telor ayamnya. Sayang gw liat terlambat, jadi dah keburu jalan setengah proses. Untungnya di akhir acara memasak ada bahan-bahan untuk resep tersebut. Jadi tetep bisa coba-coba deh , dan hasilnya enak juga ^,^ bikinnya juga cepet dan gampang. Karena lihatnya terlambat, jadi ya resep gw modifikasi dengan cara gw :P



Bahan bola-bola daging, aduk campur bahan di bawah ini : 
200 gr daging sapi giling
1 roti tawar direndam susu dan hancurkan, campur ke daging gilingnya
 1/2 sdt pala
1sdt garam
merica secukupnya
1 butir kuning telor
----
Untuk isian bola dagingnya :
10 butir telor puyuh - rebus dan kupas ( soalnya dagingnya cuman dikit hehehe, jadi telor ayam ganti telor puyuh )

Untuk baluran sebelum menggoreng : 
1 telor ayam - dikocok
tepung panir 

Cara memasak : 
1. Campur semua bahan bola-bola daging sampai merata
2. Bentuk bulatan kemudian pipihkan, taruh 1 butir telor, kemudian bulatkan adonan daging lagi hingga bulat dan telor puyuh tidak terlihat
3. Masukkan ke telor kocok kemudian balur dengan tepung panir
4. Ulangi kembali masukkan ke telor kocok dan balur kembali dengan tepung panir. Gunanya untuk mendapatkan kulit yang agak tebal
5. Setelah semua adonan habis dan terbalur panir . Panaskan minyak goreng di wajan dan kecilkan api
6. Masukkan bola-bola yang sudah dibalur panir ke dalam minyak, goreng hingga keemasan. 
7. Setelah matang dan keemasan tiriskan minyak
8. Siap disajikan bersama kentang dan saos sambal

**Note : Saat menggoreng bola-bola daging, minya harus panas tapi api harus kecil supaya kulit tidak gosong dan bagian dalam matang

Pelengkap saus buatan sendiri : 
1 sdm mentega
1 siung bawang putih cacah
1/2 bawang bombay cacah
4 sdm saos tomat
200 ml air
1 sdm saos sambal
Kecap manis
Kecap Inggris
Tabasco ( kalau punya dan suka :)
Garam
Merica / merica hitam

Cara membuat saos :
1. Tumis bawang putih dan bombay dengan mentega
2. Masukkan air, saos tomat, saos sambal, kecap manis, dan kecap inggris
3. Tambahkan tabasco, garam dan merica, cicipi hingga pas
4. Kalau ingin kental bisa diberi air kanji sedikit

Selasa, 15 Mei 2012

Spaghetti Shrimp Aglio e Olio

Resep ini dapet waktu nonton acara Buah Hati di Trans TV , memang namanya kedengarannya Italia banget namanya Aglio e Olio = Garlic & oil ^,^ alias Spaghetti Udang dimasak bawang dan minyak hehehe.. Memang aglio olio itu banyak variasinya dan rasanya so simple tapi enak. Bikinnya juga simple kok .


Bahan : 
100 gr Udang , pilih yang ukuran sedang ( buang kepala dan urat nya ) kemudian rendam dengan air jeruk lemon ( saya pakai jeruk nipis hehe )
100 gr spaghetti ( hehe kurang lebih 2 porsi lah ) 
2 bawang putih di geprek
3 bawang putih dicacah
perasan 1/2 bh jeruk nipis / lemon + air
1 cabe merah , potong2 ( hehehe maklum lagi gak makan pedes2 ) 
Peterseli cincang  ( tapi karena gak punya saya beri daun basil kering ) 

Cara memasak : 
1. Masak spaghetti dengan air yang diberi sedikit minyak dan garam, setelah matang tiriskan
2. Panaskan sedikit minyak di wajan masukkan bawang putih yang digeprek 
3. Setelah wangi masukkan udang, beri sedikit air jeruk lemon/ nipis dan basil ( seharusnya cincangan peterseli )
4. Jangan masak lama-lama, karena nanti udangnya keras. Cukup sampai udang berubah warna , langsung matikan api dan sisihkan
5. Panaskan kembali sedikit minyak , tumis bawang putih cacah dan potongan cabe, kemudian masukkan spaghetti , aduk-aduk beri air jeruk lemon / nipis 2 sdm , tambahkan garam dan merica
6. Masukkan tumisan udang ke dalam wajan, sambil diaduk dengan spaghetti 
7. Tidak perlu lama-lama matikan api dan sajikan...

Woolaaa.. siap disantap , rasanya gurih dan sedikit asam segar hmmm...

Kamis, 03 Mei 2012

Sosis Frankfurter BBQ

Awalnya lihat modifikasi saus BBQ waktu ada acara memasak di TV . Jadi  waktu ke hypermart gw cari sosis yang agak gedean, bukan beef sausages yang biasa gw pakai. Akhirnya gw nemu sosis frankfurter black pepper yang disc 50% hehe karena mau jatuh tanggal kadaluarsanya 1 bulan lagi. Karena gw memang rencana langsung masak tuh sosis jadi gw tetep beli lumayan jadi tinggal bayar Rp. 16 ribu an hehehe.. 



Bahan :
2 sosis frankfurter ( @ potong jadi 3 bagian kemudian di ujung dibelah supaya bisa mengembang ) 
1/2 bawang bombay di rajang
2 sdm saus BBQ ( kebetulan punya stock , merk D*l monte ) 
1 sdm saus tomat
1 sdm gula pasir
Merica
Sedikit air
1 sdm mentega 

Cara memasak : 
1. Panaskan mentega, masukkan bombay, tumis hingga wangi dengan api kecil 
2. Masukkkan potongan sosis yang sudah di"kembang" 
3. Masukkan saus BBQ , saus tomat dan gula pasir
4. Sambil diaduk tambahkan sedikit air dan merica
5. Setelah saus rata dan matang , matikan dan sajikan dengan mashed potato atau french fries ^^


Oiya untuk mashed potatonya saya juga bikin sendiri .Memang gak perfect2 banget tapi lumayan enak kok hehehe..

Bahan :
2 buah kentang, kupas kulitnya dan  direbus sampai empuk
1 sdm butter ( pakai yang eceran 1 pack kecil )
3 sdm susu tawar
Garam
Merica

Cara membuat : 
1. Kentang yang sudah empuk hancurkan dengan alat untuk nge-mashed tapi saya pakai garpu
2. Saat masih panas masukkan susu , butter , garam dan merica
3. Sambil diaduk dan dihancurkan hingga rata
4. Siap dinikmati bersama sosisnya ^^


Minggu, 29 April 2012

Sup Shanghai

Horeee... sukses bikin sup shanghai yang rasanya mendekati resto2 biarpun bahannya sederhana hehehe... 
Sebenarnya gak ada rencana bikin, tapi karena terakhir kondangan sempet makan Sup Shanghai yang enak, jadi pengen coba-coba apalagi hubby beliin kembang tahu banyak hehehe jadi pengen sekalian gw ceburin tuh kembang tahu nya . Dulu pernah gagal karena telor puyuhnya hancur *,* alhasil kuah jadi keruh bangettt. Tapi yang penting kali ini sukses hehehe.. sayurnya juga banyak . Hubby juga bilang enak ^3^



Bahan : 
1 dada ayam ( potong-potong ) 
 1/2 cup jamur kancing ( beli di supermarket ) , biasa pakai jamur putih ( direndam dulu )
1 ikat sawi hijau ( dipotong-potong )
1 batang wortel ( dirajang ) - rebus bentar
1 bonggol kembang kol - rebus bentar
1 lembar kembang tahu ( potong- potong )
10 butir telor puyuh ( rebus kupas ) 
4 bawang putih ( geprek kemudian cacah ) 
1/2 bawang bombay ( dicacah ) 
1 liter air untuk merebus ayam

1 sdm minyak wijen
 1/2 sdm minyak ikan 
Garam
Merica

Cara memasak : 
1. Masukkan potongan ayam ke dalam air mendidih , masak dengan api kecil supaya kaldu bening dan ayam matang . Jangan terlalu lama  Kemudian matikan api 
2. Tumis bawang bawang putih dengan minyak, setelah harum tambahkan kecap ikan dan bawang bombay 
3. Masukkan ayam yang sudah direbus, aduk-aduk dulu dengan bawang, kemudian masukkan air rebusan ayam / kaldu 
4. Setelah mendidih masukkan semua sayur , jamur dan kembang tahu
5. Tambahkan garam , merica dan minyak wijen
6. Masukkan telur puyuh
7. Cicipi hingga pas kemudian sajikan 

*Kalau suka minyak wijen bisa ditambahkan lagi

Enaakk dimakan hangat-hangat ...slurrrpp ^,^



Selasa, 27 Maret 2012

Siomay Ayam Udang

Berhubung punya sisa kulit pangsit di kulkas dan belum pernah bikin siomay jadilah Siomay Ayam Udang ini hehehe.. Ternyata bikinnya gampang dan cepet kok .




Bahan : 
100 gr daging ayam giling
100 gr udang ( kupas dan cacah dagingnya )
1 telor ayam ( dikocok ) 
2 batang onclang ( rajang ) 
1 sdm tepung kanji
1 sdm terigu
1 lembar ham ( dicacah ) 

Bumbu : 
1 sdm minyak wijen
1 sdm angciu
1 sdt garam
Merica
Sedikit gula

--
Bahan lain : 
15 kulit pangsit / siomay ( beli di supermarket )
sedikit parutan wortel




Cara memasak :
1. Campur bumbu-bumbu jadi satu supaya kalo disiram kan ke daging bisa merata
2. Campur semua bahan jadi satu aduk-aduk rata dengan bumbu-bumbunya. 
3. Setelah semua tercampur rata, ambil 1 sdm isian , taruh di tengah-tengah kulit kemudian tarik pinggir-pinggir kulit ke atas. taburi parutan wortel. Lakukan hingga bahan habis.
4. Siapkan kukusan dengan air mendidih, olesi tatakan kukusan ( yang lubang-lubang dengan sedikit minyak ) 
5. Masukkan siomay satu persatu.
6. Perciki siomay dengan sedikit air yg sudah dicampur minyak. Supaya kulit bisa lunak tidak mengeras setelah matang. Selain itu bisa mengkilap juga.
7. Kukus kira-kira 15 - 20 menit . 
8. Setelah matang angkat dan makan dengan saus sambal hmmm.. yummy :P

Kamis, 22 Maret 2012

Beef Enoki Roll

Sudah lama banget kepengen bikin beef enoki ini. Dulu pertama kali gw lihat caranya saat A Yi ngajarin, tapi gw belum minat masak memasak jadi gak terlalu perhatikan. Apalagi waktu itu A Yi bikin pake bumbu2 Jepang, berhubung gak punya stock bumbu di Kudus jadi ya pake saus BBQ , ternyata rasanya cocok juga hehehe... Dapet resep nya di Steamy Kitchen.




Bahan : 
1 pak Sukiyaki ( beli di Hypermart )
1/2 bks jamur enoki ( potong akarnya, cuci bersih ) 

Mentega
2 siung bawang putih cacah 
1 batang onclang dirajang
Garam
Merica hitam
Saus tiram
1 sdm Saus BBQ ( merk del monte ) 
1 sdm gula
Kecap manis sedikit

Cara masak : 
1. Didihkan 200 ml air , matikan api, masukkan daging sukiyaki 1/2 matang, tiriskan lembar per lembar
2. Didihkan kembali air dan matikan api, masukkan jamur 10 detik an langsung tiriskan , kasih garam dikit
3. Gulung daging dengan enoki di dalamnya, lakukan hingga semua daging habis
4. Panaskan  mentega dengan teflon, masukan daging gulung dan merica hitam masak hingga kecoklatan

Memasak saus : 
1. Tumis bawang putih dengan mentega, masukkan onclang, sampai harum dengan api kecil
2. Masukkan saus tiram sedikit, dan saus BBQ , aduk-aduk tambah 100 ml air
3. Beri kecap manis dan gula, aduk-aduk hingga meletup. 
4. Siram di beef roll nya .. Siap disantap hangat-hangat ^^


Jumat, 16 Maret 2012

Sup Bibir Ikan ala Hiesit

Waktu ke Semarang , hubby dititipin beli bibir ikan sama cici ipar. Hubby beliin gw sekalian katanya untuk coba-coba masak hehe.. Setelah browsing resep dan pengalaman kuliner , gw putusin kalau buat sup bibir ikan tapi kayak masak hiesit. Hiesit itu salah satu makanan favorit gw dari kecil, soalnya jaman gw kecil tiap kali ada undangan makanan pembukanya selalu hiesit hehehe.. biarpun biasanya "hiesit2"an bukan hiesit beneran :P . Dengan waktu yang terbatas, maklum sambil ngurusin little Karen, jadi masak sup bibir ikannya juga sederhana , dengan bahan sederhana hehe...



Bahan :
1 fillet dada ayam ( diiris2 kecil-kecil memanjang ) 
5 buah jamur hioko ( rendam dengan air mendidih + jahe supaya harum , cuci lagi dengan air dingin dan peras, buang tangkainya, potong-potong melintang )
2 genggam bibir ikan ( gak gw timbang soalnya , rendam dengan air mendidih + jahe 30 menit an )
4 buah cakar ayam ( beri air 1,5 lt, untuk  kaldu sup nya ) 

5 siung bawang putih ( geprek kemudian dicacah )
 3 siung bawang merah ( rajang tipis ) ** revisi tambahan resep supaya lebih enak
1 bawang bombay ( rajang tipis-tipis )
5 cm jahe ( pilih yang 'gemuk' , kupas kulitnya bagi jadi 2 , digeprek ) 
2 sdm angciu 
Kecap manis
Saus tiram
Garam
Merica
3 sdm Air + 1 sdm maizena untuk mengentalkan 

Cara memasak : 
1. Bumbui ayam dengan kecap manis, saus tiram dan garam, diamkan 30 menit an supaya meresap
2. Panaskan 5 sdm minyak goreng di wajan, masukkan bawang putih, bombay dan jahe, aduk-aduk hingga wangi
3. Masukkan ayam , aduk-aduk terus hingga matang, beri angciu , kecap manis dan saus tiram , sambil tambahkan sebagian air kaldu,  kecilkan api supaya bumbu meresap ke daging
4. Masukkan bibir ikan dan jamur , aduk-aduk
5. Masukkan air kaldu 
6. Cicipi dan tambahkan kecap manis, saus tiram dan garam hingga sesuai selera
7. Setelah pas tambahkan air maizena , aduk hingga mengental. Tambahkan sedikit minyak wijen kalau suka
8. Matikan api dan sajikan .


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...