Selasa, 22 Mei 2012

Kroket Telur Tersembunyi / Beef Ball ^^

Holaaa... kemarin sabtu nonton acaranya Edwin Lau di Metro , kebetulan acara memasaknya keliatan gampang namanya Kroket Telur Tersembunyi, intinya daging giling dibulat-bulat dalamnya ada telor ayamnya. Sayang gw liat terlambat, jadi dah keburu jalan setengah proses. Untungnya di akhir acara memasak ada bahan-bahan untuk resep tersebut. Jadi tetep bisa coba-coba deh , dan hasilnya enak juga ^,^ bikinnya juga cepet dan gampang. Karena lihatnya terlambat, jadi ya resep gw modifikasi dengan cara gw :P



Bahan bola-bola daging, aduk campur bahan di bawah ini : 
200 gr daging sapi giling
1 roti tawar direndam susu dan hancurkan, campur ke daging gilingnya
 1/2 sdt pala
1sdt garam
merica secukupnya
1 butir kuning telor
----
Untuk isian bola dagingnya :
10 butir telor puyuh - rebus dan kupas ( soalnya dagingnya cuman dikit hehehe, jadi telor ayam ganti telor puyuh )

Untuk baluran sebelum menggoreng : 
1 telor ayam - dikocok
tepung panir 

Cara memasak : 
1. Campur semua bahan bola-bola daging sampai merata
2. Bentuk bulatan kemudian pipihkan, taruh 1 butir telor, kemudian bulatkan adonan daging lagi hingga bulat dan telor puyuh tidak terlihat
3. Masukkan ke telor kocok kemudian balur dengan tepung panir
4. Ulangi kembali masukkan ke telor kocok dan balur kembali dengan tepung panir. Gunanya untuk mendapatkan kulit yang agak tebal
5. Setelah semua adonan habis dan terbalur panir . Panaskan minyak goreng di wajan dan kecilkan api
6. Masukkan bola-bola yang sudah dibalur panir ke dalam minyak, goreng hingga keemasan. 
7. Setelah matang dan keemasan tiriskan minyak
8. Siap disajikan bersama kentang dan saos sambal

**Note : Saat menggoreng bola-bola daging, minya harus panas tapi api harus kecil supaya kulit tidak gosong dan bagian dalam matang

Pelengkap saus buatan sendiri : 
1 sdm mentega
1 siung bawang putih cacah
1/2 bawang bombay cacah
4 sdm saos tomat
200 ml air
1 sdm saos sambal
Kecap manis
Kecap Inggris
Tabasco ( kalau punya dan suka :)
Garam
Merica / merica hitam

Cara membuat saos :
1. Tumis bawang putih dan bombay dengan mentega
2. Masukkan air, saos tomat, saos sambal, kecap manis, dan kecap inggris
3. Tambahkan tabasco, garam dan merica, cicipi hingga pas
4. Kalau ingin kental bisa diberi air kanji sedikit

Selasa, 15 Mei 2012

Spaghetti Shrimp Aglio e Olio

Resep ini dapet waktu nonton acara Buah Hati di Trans TV , memang namanya kedengarannya Italia banget namanya Aglio e Olio = Garlic & oil ^,^ alias Spaghetti Udang dimasak bawang dan minyak hehehe.. Memang aglio olio itu banyak variasinya dan rasanya so simple tapi enak. Bikinnya juga simple kok .


Bahan : 
100 gr Udang , pilih yang ukuran sedang ( buang kepala dan urat nya ) kemudian rendam dengan air jeruk lemon ( saya pakai jeruk nipis hehe )
100 gr spaghetti ( hehe kurang lebih 2 porsi lah ) 
2 bawang putih di geprek
3 bawang putih dicacah
perasan 1/2 bh jeruk nipis / lemon + air
1 cabe merah , potong2 ( hehehe maklum lagi gak makan pedes2 ) 
Peterseli cincang  ( tapi karena gak punya saya beri daun basil kering ) 

Cara memasak : 
1. Masak spaghetti dengan air yang diberi sedikit minyak dan garam, setelah matang tiriskan
2. Panaskan sedikit minyak di wajan masukkan bawang putih yang digeprek 
3. Setelah wangi masukkan udang, beri sedikit air jeruk lemon/ nipis dan basil ( seharusnya cincangan peterseli )
4. Jangan masak lama-lama, karena nanti udangnya keras. Cukup sampai udang berubah warna , langsung matikan api dan sisihkan
5. Panaskan kembali sedikit minyak , tumis bawang putih cacah dan potongan cabe, kemudian masukkan spaghetti , aduk-aduk beri air jeruk lemon / nipis 2 sdm , tambahkan garam dan merica
6. Masukkan tumisan udang ke dalam wajan, sambil diaduk dengan spaghetti 
7. Tidak perlu lama-lama matikan api dan sajikan...

Woolaaa.. siap disantap , rasanya gurih dan sedikit asam segar hmmm...

Kamis, 03 Mei 2012

Sosis Frankfurter BBQ

Awalnya lihat modifikasi saus BBQ waktu ada acara memasak di TV . Jadi  waktu ke hypermart gw cari sosis yang agak gedean, bukan beef sausages yang biasa gw pakai. Akhirnya gw nemu sosis frankfurter black pepper yang disc 50% hehe karena mau jatuh tanggal kadaluarsanya 1 bulan lagi. Karena gw memang rencana langsung masak tuh sosis jadi gw tetep beli lumayan jadi tinggal bayar Rp. 16 ribu an hehehe.. 



Bahan :
2 sosis frankfurter ( @ potong jadi 3 bagian kemudian di ujung dibelah supaya bisa mengembang ) 
1/2 bawang bombay di rajang
2 sdm saus BBQ ( kebetulan punya stock , merk D*l monte ) 
1 sdm saus tomat
1 sdm gula pasir
Merica
Sedikit air
1 sdm mentega 

Cara memasak : 
1. Panaskan mentega, masukkan bombay, tumis hingga wangi dengan api kecil 
2. Masukkkan potongan sosis yang sudah di"kembang" 
3. Masukkan saus BBQ , saus tomat dan gula pasir
4. Sambil diaduk tambahkan sedikit air dan merica
5. Setelah saus rata dan matang , matikan dan sajikan dengan mashed potato atau french fries ^^


Oiya untuk mashed potatonya saya juga bikin sendiri .Memang gak perfect2 banget tapi lumayan enak kok hehehe..

Bahan :
2 buah kentang, kupas kulitnya dan  direbus sampai empuk
1 sdm butter ( pakai yang eceran 1 pack kecil )
3 sdm susu tawar
Garam
Merica

Cara membuat : 
1. Kentang yang sudah empuk hancurkan dengan alat untuk nge-mashed tapi saya pakai garpu
2. Saat masih panas masukkan susu , butter , garam dan merica
3. Sambil diaduk dan dihancurkan hingga rata
4. Siap dinikmati bersama sosisnya ^^


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...