Sabtu, 08 September 2012

Homemade Garlic Bread

Gara-gara nonton tv acara Tasty Road, ada resep garlic bread , keliatannya gampang banget jadilah besoknya langsung gw cari bahan-bahannya. Dan bener , selain mudah , simple rasanya mirip pizza gubug punya :P ... langsung meluncur resepnyaa......

Bahan :
2 siung bawang putih ( dihaluskan ) 

1 batang french bread atau bacquete ..hehe bener gak ya tulisnya ( saya beli di bakermart ) yang ukuran kecil gak nyampe 5 ribu perak hehe..

3 batang peterseli ( dirajang halus .. gw rajang kurang halus hehee.. ) , kalau susah cari pakai parsley kering yang sudah dikemas juga bisa, soalnya kalau beli harus satu gendel sih hehehe... cuman ya demi kesegaran dan memang pengen coba buat pakai yang seger
2 sdm mentega  / butter ( kalau pakai mentega tidak perlu garam karena sudah gurih ) 





Cara membuat :
1. Campur mentega / butter dengan bawang putih dan peterseli sampai rata
2. Potong roti bacquete jadi 15 potong ( kurang lebih 2 cm an )
3. Oleh salah satu sisi roti yang sudah dipotong dengan campuran mentega bawang tersebut. Tidak perlu terlalu tebal yang penting rata, karena kalau terlalu tebal bisa eneg rasanya hehe..
4. Tata di dalam panggangan oven 
5. Setelah oven panas masukkan roti yang sudah dioles dengan suhu 150 derajat kurang lebih 5 menit.
6. Roti akan berwarna kekuningan dan makan saat masih hangat karena rotinya akan jadi lebih empuk, kalau dingin roti tersebut jadi keras hehehe...



Bagi yang tidak ada oven bisa memakai teflon, cukup tengkurapkan bagian yang di oles ke permukaan teflon selama 30 detik saja hanya untuk cairkan menteganya. Rasanya sama enaknya. 

Banyak variasi untuk topping garlic bread ini  , bisa ditambahkan cheddar, mozzarela ataupun salad segar di atasnya. 
Kalau di resep Tasty Road ditambahkan salad dengan jamur shitake segar dan tomat kemudian diberi perasan air lemon dan parutan kulit lemon. Keliatannya sih seger banget wkwkw....*jadi ikutan ngiler :D

Kalau gak punya roti bacquete juga bisa pakai roti tawar lhooo gak kalah rasanya ^,^

Selamat mencoba....

Jumat, 07 September 2012

Sop Buntut ala Tante Hanna

Lamaaaaaaa gak ngeblog hehehe.. selain belum coba resep baru juga sibuk jadi bodyguard Karen yang udah mulai berdiri dan rambatan , sehingga gak mungkin ditinggalkan seorang diri di dalam kamar. 

Kembali ke resep... wkwkwk.. Kemarin waktu belanja di Hypermart ngeliat buntut sapi yang baru aja dipotong ..aduh jadi pengen masak buntut, biarpun hubby gak doyan sapi  , tapi kalau di sop dia tetep mau dimakan sayurnya :D . Selain itu kaldunya bisa untuk campuran buburnya Karen hehe...

Dulu gw pernah coba masak sop buntu ngikutin resep di buku dan di internet , tapi belum pernah pas rasanya seperti yang dijual-jual itu. Tadi pagi bisa kepikir BB Tante Hanna, dulu jaman gw kerja di tempatnya dia pernah masak sop buntut yang enak banget seperti yang dijual di rumah makan. Nah ternyata bener resepnya gampaaaaang banget dan enaaaaakkk hehehe.... gak pake ribet dah.



Bahan : 
300 gr buntut sapi ( gw beli sudah pack-pack an jadi sudah potongan ) 
2 buah kentang ( potong agak besar direbus ) 
1 buah wortel ( potong agak besar direbus )
2 batang onclang
1 batang seledri yang agak besar
Garam
Gula sedikit
Merica / merica hitam 
Bawang merah goreng
750 ml air 

Cara memasak : 
1. Rebus buntut sampai air mendidih, buang airnya ( untuk menghilangkan bau buntutnya ) , rebus dan didihkan air bersih kemudian masukkan buntut kecilkan api dan tutup panci, masak dengan api kecil hingga daging empuk ) 
2. Setelah daging empuk masukkan batang onclang dan seledri tanpa dipotong ( hanya cukup diikat aja ) , beri garam, merica dan gula , cicipi hingga sesuai selera , setelah sekitar 3-5 menit dan baunya sudah harum matikan api.
3. Tata wortel dan kentang di mangkuk beri kuah sop buntutnya, taburi bawang merah dan onclang. Langsung disantappp panas-panas hehehe...




Note : untuk kuahnya bisa tambah alternatif :
** tomat segar 1 buah
** parutan pala
** bawang merah goreng nya ikut dimasukkan bersama dengan kuahnya langsung



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...