Senin, 24 Februari 2014

Waroeng Pati ~ Spesialis Menu Naga dan Sori

Kota tetangga Kudus terdekat adalah Pati , yang mana juga merupakan salah satu kota bila kita mengendarai mobil dari Semarang menuju Surabaya. Seperti kota-kota transit lainnya, di Pati kita juga bisa menemukan tempat yang cocok untuk kuliner dan istirahat sejenak, sebelum melanjutkan perjalanan lagi.  Yang sudah biasa perjalanan melewati Pati pasti sudah tahu Kios Kacang Dua Kelinci , biasa kita sering mampir di toiletnya karena super bersih sekalian beli kacang prestonya hihihi..  Nah tempat makan satu ini letaknya satu kompleks dengan Kacang Dua Kelinci , karena memang Dua Kelinci yang berekspansi ke bisnis kuliner sekitar 2 tahun lalu.Tempat ini bernama .. Waroeng Pati....


Biarpun namanya Waroeng ( warung ) , bentuknya sama sekali jauh dari warung, justru lebih menyerupai tempat wisata, biarpun tidak terlalu luas. Soal suasana,  arsitektur dan ornamen Jawa Tengah mendominasi dan yang pasti di sini banyak spot untuk foto-foto. Ada beberapa spot favorit seperti ayunan, gebyok, pinggir kolam, dan di pendoponya.


Ornamennya tidak lepas dari Dua Kelinci sebagai produsen kacang :D

Rabu, 19 Februari 2014

Just Snap Shoot ~ Pizza Hut

#Latepost# :D 
Kesibukan sebagai ibu rumah tangga, jadi mesti prioritaskan keluarga dulu , apalagi punya anak berusia toddler yang lagi aktif-aktifnya mengeksplorasi membuat tidak bisa berlama-lama menyentuh laptop. Mau curi-curi waktu saat Karen tidur juga tidak mudah  , karena ada banyak kesibukan lain selain ngeblog hehehe.. ( misalnya : masak, tata2 rumah, membaca, dan me time ^^ ) 

Kali ini gak banyak review cuman mau post aja foto-foto di pizza hut . 
Salah satu menu pinggiran pizza terbaru dari Pizza Hut adalah Cheesy Ria , bagi penyuka keju , menu ini wajib dicoba ^^







Selasa, 18 Februari 2014

Pangsit Udang Salad - Menu Dimsum

Menu dimsum ini biasa tersedia di restaurant chinese food,  biasa disebut salad udang karena disajikan dengan mayonaise , tapi bentuk nya lebih seperti pangsit udang karena memakai kulit yang digoreng.
Untuk membuatnya benar-benar gampang dan cepat. 



Bahannya :
250 gr udang kecil ( kupas semua , bersihkan dan cuci, boleh diberi jeruk nipis / lemon dulu supaya tidak amis )

1/2-1 sdt Garam 
Merica 
1 sdt Minyak wijen 

Bahan saos mayonaise : 
3 sdm mayonaise ( saya pakai mayumi )
50 ml susu uht tawar
sedikit perasan jeruk nipis 
susu kental manis secukupnya ( sesuai selera ) 

Cara membuat : 
1. Campur semua udang dengan garam, merica, dan minyak wijen, aduk-aduk merata , diamkan sekitar 15-20 menit
2. Masukkkan sekitar 2- 3 ekor udang yang sudah dibumbui ke dalam kulit.  Cara melipat kulit : lipat bentuk segitiga, katupkan tepi segitiganya , bikin kerutan .
3. Siapkan minyak panas dengan api sedang goreng udang yang sudah dibungkus
4. Setelah berwarna kuning keemasan merata , angkat dan tiriskan minyaknya

Cara membuat saos mayonaise : 

Campur semua bahan saos aduk merata, cicipi sesuai selera ( ada yang suka asam, manis ) 
Kalau mau mayonaise yang agak manis tinggal tambah mayonaise dengan susu kental manis atau gula cair.


Sajikan bersama 'pangsit' udangnya. 




Senin, 10 Februari 2014

Sendok Bebek - Noodle and Rice

Sendok Bebek, kalau dengar nama tersebut bayangannya seperti sendok yang untuk sop ya..( coba saja digoogling : sendok bebek , pasti yang keluar gambar sendok melulu hehehe.. )  tapi jangan salah.. ini nama salah satu resto yang tergolong baru di Semarang, dimana menu unggulannya mie , kalau disambung-sambungkan ya boleh juga sih nama itu karena untuk nyendok kuah mi kan pakai sendok bebek ^,^

Sebenarnya gak sengaja mampir ke Sendok Bebek, karena pas Januari kemarin ada undangan pemberkatan nikah di Gereja dekat Sendok Bebek ini tepatnya di Jl. Gayam, jadi mampir sekalian disana untuk makan siang ( sekalian kuliner :P ).

Eksteriornya cukup eye catching dengan dominan warna hitam dan merah . Lahan parkir juga lumayan luas , biarpun kami parkir di luar area karena pada saat itu parkirannya sudah penuh.

Begitu masuk interiornya langsung menarik mata gw , karena disambut dengan background potongan-potongan kayu yang dirangkai , seperti sarang burung gitu. Suasana interiornya juga dominan kayu dan warna merah . Disana juga dibagi ruang smoking dan non smoking , berhubung ruang non smoking sudah penuh jadi kami di ruang smoking ( yang pada saat itu lagi gak ada orang merokok , jadi bebas dari asap :)  )

Ikutan nampang dulu...

So eye catcing ^3^
 Selain potongan kayu tersebut ada satu sisi yang cukup menarik mata juga , yaitu area kasir , karena di bagian meja kasirnya ditempeli mangkok , lumayan juga ya kalau jatuh :P 

Jumat, 07 Februari 2014

Udang Telor Asin

Menu telor asin sekarang sering ditemui di banyak resto terutama chinese food. Menu telor asin yang berkesan ( dan favorit ) bagi saya itu Udang dan Gurami telor asinnya Palace Cuisine Semarang, karena masak telor asinnya disana dibuat kering .
ini penampakan Udang Telor asin nya Palace Cuisine
Dulu pernah membuat menu serupa tapi kurang berhasil, setelah cari-cari di net dan coba beberapa kali akhirnya sukses juga membuat telor asin yang garing.

Bahan : 
300 gr Udang ukuran besar ( buang kepala, jangan buang kulit badan dan ekor , cukup belah punggung bersihkan / buang urat hitamnya )
1 telor ayam ( diambil putihnya saja )
2 telor asin matang ( kuningnya saja  )
1 sdt kecap asin 
Tepung Maizena
Garam
Merica
2 bawang putih geprek cacah
Daun kari ( tidak pakai karena lupa beli :P )
1/2 Jeruk nipis ( untuk menghilangkan amis )

Minyak untuk menggoreng


Cara memasak : 
1. Udang yang sudah dibersihkan cuci bersih dan beri sedikit perasan jeruk nipis , kecap asin, garam , merica dan putih telor dan 1 sdm tepung maizena. Aduk rata dan diamkan 1 jam an ( supaya putih telor lengket )
2. Siapkan wajan berisi minyak agak banyak , panaskan
3. Siapkan tepung maizena kering di piring bersih . Balur udang yang sudah direndam tadi dengan tepung maizena hingga rata.


4. Goreng udang dengan minyak panas dan api sedang sekitar 1 menit ( jangan lama-lama supaya udang tidak ulet )
5. Angkat udang dan tiriskan
Udang yang sudah digoreng
 6. Tuang / sisihkan minyak yang untuk menggoreng tadi , sisakan sedikit untuk menumis bawang putih dan daun kari  ( boleh memakai 1 sdm mentega sebagai ganti minyak untuk menumis )
7. Setelah bawang wangi , dengan api sedang masukkan kuning telor asin sambil diaduk-aduk beri 1 sdm tepung ( pakai maizena juga bisa ) -- tujuannya supaya 'pasir'nya lebih banyak  , aduk hingga telor asin matang ( sedikit kecoklatan), masukkan langsung semua udang yang sudah digoreng sambil diaduk-aduk hingga rata
8. Sajikan dan makan ketika masih hangat ^__^

Note :
* Jika kuning telornya tidak asin bisa ditambahkan garam saat memasak telor asinnya .


Chicken Parma

Copas dari wikipedia : 
Chicken parmigiana (also referred to as a parmi or parma ) is a chicken dish based on the Italian Parmigiana, and is regularly served in Australian pubs. The meal consists of a breaded chicken breast, or chicken schnitzel, covered with a tomato-based neapolitan sauce and cheese.In Australia the addition of a slice of ham or bacon makes up the parmigiana. The dish is typically served with a side of chips and salad, although there is some dispute as to whether the chips should be served under or next to the chicken.

Duluuu tahu nama menu ini pas awal2 makan di RED. Tapi karena sampai sekarang belum pernah makan model chicken parma ini di tempat lain jadi tidak tahu rasa lainnya. Jadi coba cari resep di net akhirnya bikin dengan bahan seadanya. Biarpun mungkin belum sama dengan chicken parma yang asli, yang penting sesuai dengan lidah sendiri hehe...


Bahan :
2 potong dada / paha fillet  ( saya lebih suka paha karena supaya Karen bisa ikut makan  , tekstur paha lebih mudah dikunyah)
Garam
Merica
Lemon untuk diperas ( boleh di skip )

Siapkan 3 piring , masing2 berisi :
1 telor ayam
Tepung terigu
Tepung roti kasar ( bread crumb )

Minyak untuk menggoreng

Bahan untuk di oven :
Keju Mozarella ( diparut )
Saos tomat
Oregano
Keju parmesan ( boleh skip )

Cara memasak :
1. Pukul-pukul ayam fillet supaya tipis dan lebar
2. Lumuri dengan air lemon, garam dan merica merata , diamkan sekitar 20-30 menit
3. Balut ayam dengan tepung terigu merata ( piring pertama )
4. Masukkan dalam kocokan telur ( piring kedua )
5. Kemudian balut dengan tepung roti ( piring ketiga ) , tekan-tekan supaya tepung roti bisa menempel
6. Goreng dengan fry pan, dengan minyak panas , api sedang sisi bawah dulu, setelah kuning keemasan kemudian balik sisi berikutnya, jangan dibolak balik.
7. Setelah matang tiriskan

Note : kalau tidak mau digoreng langsung boleh dimasukkan wadah dan di freezer.

8. Siapkan oven , set di suhu 175 "C
9. Taruh ayam di piring tahan panas
10. Oles dengan saus tomat , kalau ada ham boleh ditaruh di atas saus tomat , baru kemudian taburi dengan keju mozarella + parmesan dan taburan oregano sedikit

ini pas ada alumunium foil nganggur jadi bungkus pakai foil,
biasa langsung diatas piring tahan oven

11. Masukkan ke oven sekitar 5 menit hingga keju meleleh
12. Keluarkan dan sajikan dengan kentang + salad ( lagi tidak punya bahan salad jadi ya pakai kentang saja )


Senin, 03 Februari 2014

Bola--Bola Udang atau Shrimp Balls #2

Dulu sudah pernah upload resep Bola-bola udang / shrimp balls ini disini , awalnya bikin ini lagi karena belum puas moto-moto yang resep terdahulu. Jadi sekalian eksperimen resep yang agak beda, dengan menggunakan 3 macam tepung, sekalian moto-moto lagi hehe.. Sayang gak moto waktu masih 'mentah'nya :( *males cuci-cuci tangan

Bahan : 
150 gr udang yang sudah dikupas ( dicacah )
1 batang onclang / daun bawang ( rajang kecil-kecil )
1/2 telor kocok ( kocok 1 telor tapi dipakai separo saja )
2 sdm terigu
1 sdm tepung kanji
1/2 sdm tepung sagu  ( boleh skip )
1/2 sdt baking powder
1 sdt minyak wijen
Garam
Merica

Selimut : 5 lbr roti tawar potong kotak-kotak kecil

Minyak untuk menggoreng 

Cara memasak : 
1. Campur semua bahan kecuali roti tawar , aduk rata hingga tidak terlalu lembek, jika terlalu lembek bisa ditambah sedikit tepung terigu
2. Ambil sedikit adonan dengan sendok makan , bikin bulatan dengan 2 telapak tangan , memang sedikit lengket tapi jauh lebih mudah untuk membentuknya.
3. Gulingkan di roti tawar kotak-kotak kecil hingga menyeluruh
4. Goreng dengan minyak panas tapi api sedang hingga keemasan
5. Tiriskan dan nikmati dengan saus tomat atau sambal . Yummyyy ^.^



Bisa jadi sekitar 8 buah Shrimp Balls
----
Kalau mau bikin saus sendiri juga bisa , misalnya dengan resep berikut :
1. Didihkan 50 ml air , tambah 3 sdm saos tomat , 1-2 sdm gula dan bawang putih geprek 1 siung
2. Beri air maizena untuk mengentalkan sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup
3. Matikan api.
Saos bisa disesuaikan untuk tingkat keasaman dan manisnya

Note :
* Supaya gampang mencacah udang : udang bisa difreezer dulu kemudian dicacah saat sudah 1/2 beku :D 
* Kalau punya food processor tinggal diblender aja udangnya

Minggu, 02 Februari 2014

Bonito Cafe - Capuccino anyone ? ^^

Inilah salah satu cafe yang patut dicoba dan ditongkrongin. Bonito cafe, letaknya di tengah kota ,tepatnya di lantai 4 Rumah Makan Indah Sari, di Jl. MT. Haryono ( Mataram ), Semarang. Ancer-ancernya kalau dari Jl. Pringgading keluar belok kiri tepat di sebelah kiri. Bonito ini disebut juga Rooftop Cafe bukan Rooftop Prince ya :P , karena memang letaknya di lantai paling atas dan di bagian outdoornya menghadap ke bangunan-bangunan sekitar, mirip-mirip kondisi di Rooftop Prince cuman beda arsitekturnya hehee...

Biarpun di lantai 4 , tidak perlu takut karena ada lift yang bisa langsung menuju lantai 4 tanpa bersusah-susah naik tangga, tapi bagi yang mau olahraga gak papa sih lewat tangga manual :D
Begitu keluar lift , berbagai ornamen kayu yang unik akan menyambut, termasuk pot-pot dan bunga artificial yang fancy.


Rooftop Cafe




Disini spesialis menu Coffee tapi untuk makanannya juga beragam , mulai dari pasta, steak, nasi goreng, nasi paket ( dengan lauk chinese food ) , sampai toast dan pancake



Bagi pecinta kopi pasti akan dimanjakan dengan aneka menu kopi yang ada. Berhubung saya tidak ahli kopi jadi cuman bisa memesan capuccino dengan coffee art nya yang bisa request desain juga loh...



Coffee Art Capuccino - gak nyampe IDR 20 K harganya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...