Senin, 28 Februari 2011

Ca Kangkung Polos

Suami lagi pengen makan kangkung, biarpun saya pribadi lebih suka beli di rumah makan daripada masak sendiri. Tapi tidak ada salahnya coba-coba masak kangkung . ^^

Dulu pernah dikasih tahu sama A Yi , intinya kalau masak kangkung harus dengan menggunakan lebih banyak minyak dan diangkat sebelum matang , karena kangkung akan matang sendiri saat di piring ( minyak yang menempel di kangkung membuat kangkung tetap terproses ) . Makanya kenapa kalau di resto seringnya kangkung jadi hitam, itu karena kangkung sudah matang saat masih di wajan, sehingga saat disajikan kangkung jadi terlalu matang. Dan memang tipsnya berhasil, jadi warna kangkung masih segar tapi matang dan kriuk-kriuk hehehe... berhasil..berhasil.. *Dora mode on :P

Bahan :
1 ikat kangkung ( siangi, buang daun yang jelek ), tidak usah dipotong-potong cukup buang ujung akarnya saja

8 siung bawang merah dirajang

5 siung bawang putih rajang
1/4 bawang bombay rajang kecil-kecil

4 bh cabe merah dirajang

1 sdm kecap asin

1 sdm saus tiram

1/2 sdm Gula Merica

Cara masak :

1. Siapkan wajan besar. Tumis bawang merah, putih , bombay dan cabe dengan 5 sdm minyak goreng

2. Masukkan kangkung yang sudah dicuci ke dalam wajan, aduk -aduk hingga sedikit layu dan air keluar

3. Bumbui dengan saus tiram, kecap asin, merica dan gula

4. Saat warna mulai terang dan bumbu rata , angkat sajikan di piring, maka kangkung akan matang dengan sendirinya dan tetap krenyes-krenyes

Lumpia isi Daging Pangsit

Waktu makan Baby buncis Daging sapi ( resep sebelumnya ) ternyata daging sapi nya waktu dimakan serasa seperti isi lumpia yang waktu kecil sering kita makan.
Jadinya dimodifikasi sedikit hari ini rencana bikin pangsit, tapi karena di kulkas adanya kulit lumpia jadinya bungkusnya pakai kulit lumpia . Tambah enak disajikan dengan saus tomat modifikasi hehe..



Bahan isian :
100 gr daging sapi giling
1/2 bawang bombay di cacah
3 batang daun bawang / onclang potong kecil -kecil
3 siung bawang putih dicacah
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm angciu campur dengan 3 sdm air dan 1sdm maizena ( aduk jadi satu )
1 butir telor ( kuningnya saja )
Garam
Merica

Bahan kulit : kulit pangsit / kulit lumpia ( beli di supermarket )

Bahan saus :
1 siung bawang putih di geprek
1/4 gelas air
3 sdm air campur maizena
2 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
1/2 sdm gula pasir



Cara Memasak :
1. Tumis bawang putih dan bombay dengan mentega dan sedikit minyak
2. Setelah wangi langsung masukkan daging gilingnya, aduk-aduk sampai daging berubah warna
3. Masukkan saus tiram dan kecap manis, kuning telor sambil terus diaduk
4. Kemudian masukkan campuran air, angciu dan maizena
5. Tambahkan daun bawang, garam dan mentega
6. Aduk terus hingga daging agak kering dan bumbu merata
7. Setelah matang , angkat dan dinginkan untuk diisikan ke dalam kulit pangsit / lumpia

Cara membuat saus :
1. Didihkan air dengan panci kecil, masukkan bawang putih
2. Masukkan saus tomat dan saus sambal
3. Masukkan air maizena , sambil diaduk terus supaya rata
4. Tambahkan gula ( sambil diaduk ), setelah rata dan warna maizena berubah jadi merah matikan api .

** Tingkat keasaman dan kepedasan boleh dirubah sesuai selera ( kalau kurang kecut tambahkan tomat, kalau kurang manis tambahkan gula, dst ^^ )

Setelah isian dibungkus kulit , rekatkan dengan putih telor, goreng dengan minyak panas dan tiriskan. Sajikan hangat-hangat bersama sausnya. Enaaakkk.. :D


Sabtu, 26 Februari 2011

Baby Buncis Sapi

Terinspirasi dari menu di salah satu international restaurant chinese food di Semarang H****** . Hehehe.. sebenarnya saya paling suka menu Buncis Telor asinnya , tapi karena gak punya telor asin mentah jadinya seperti Buncis Sechuan , rasanya juga tidak mengecewakan hehehe..


Bahan :
100 gr baby buncis ( tinggal sedikit karena sudah dimasak untuk assecories steak ^^; )
50 gr daging sapi giling ( karena hanya untuk berdua )
1/2 bawang bombay, dipotong-potong kecil
3 siung bawang putih dicacah
1 sdm kecap manis
1/4 gelas air campur dengan 1/2 sdm maizena
1 sdm angciu
Garam
Merica
Mentega dan minyak dikit untuk menumis

Cara memasak :
1. Goreng dengan minyak panas baby buncis, sebentar saja, supaya tetap hijau tapi bisa kriuk-kriuk dan matang ( alt. 2 , baby buncis rebus dengan air , tambah minyak goreng dan garam sedikit ). Setelah buncis matang, tiriskan dan tata di atas piring.
2. Siapkan di wajan mentega dan minyak tumis, masukkan bawang putih dan bombay
3. Masukkan daging sapi giling, aduk-aduk hingga matang dan berwarna kecoklatan
4. Beri kecap manis, air maizena dan angciu
5. Aduk-aduk hingga bumbu rata, beri garam dan merica
6. Siramkan di atas baby buncis , siap disajikan ^,^

Roti Goreng "Seadanya"

Roti ini tercipta secara tidak seadanya karena ada sisa roti tawar, telor dan tepung roti. Praktis untuk sarapan ataupun snack.



Bahan :
3 lembar Roti tawar
1 butir telor dikocok beri garam sedikit
Tepung roti, kalau gak ada tepung terigu juga gak papa :P

Bahan pengisi : seadanya hehehe.. contoh :
keju
ham
sosis
cornet ( beef atau chicken )
meises

Cara Memasak :
1. Tipiskan roti , supaya tidak menyerah minyak terlalu banyak
2. Celupkan ke telor yang sudah dikocok, pada dua lapisannya supaya terlumuri telor , tapi jangan terlalu lama karena hanya untuk melapisi saja
3. Beri keju / meises/ ham / kornet pada bagian tengahnya, kemudian lipat jadi 2 , mau persegi atau segitiga, terserah selera
4. Pada bagian luarnya lumuri dengan tepung roti hingga seluruh bagiannya terselimuti tepung
5. Goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan
6. Setelah matang , angkat dan tiriskan , potong jadi 2 atau sesuai selera.
7. Bisa dimakan dengan mayonaise ataupun sambal ^^

Note : kalau tidak mau langsung digoreng , roti yang sudah dilumuri tepung roti bisa disimpan di freezer. Saat akan dimakan baru digoreng ^^

Ayam Saus Inggris



Variasi lain dari ayam ^,^ biar gak bosan

Bahan :
1/2 ekor ayam atau bagian dada nya , potong-potong ( rebus dulu )
1 bh bawang bombay
3 siung bawang putih ( digeprek )
2 sdm saus inggris
1 sdm kecap manis

1 sdm angciu
1/1 gelas air

3 batang daun bawang / onclang ( potong panjang 5 cm an )

1/2 bh jeruk nipis

Garam

Merica

Gula ( kalau kecap manis kurang manis )


Cara memasak :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay , kemudian masukkan ayam yang sudah direbus

2. Masukkan kecap manis , garam dan merica

3. Tambahkan air, angciu dan kecap inggris
4. Aduk-aduk dengan api kecil supaya bumbu meresap ke dalam ayam

5. Masukkan daun bawang dan beri perasan jeruk nipis
6. Aduk bentar supaya daun bawang matang, kemudian matikan api dan sajikan ^^

Brocolli ca Udang

Ini waktu lagi ingin makan brocolli. Rasanya enak dan kriyuk2 ^^

Bahan :
250 gr brocolli ( siangi, potong-potong sesuai selera )
100 gr udang ( kupas kulit dan kepala nya , tinggalkan ekornya, cuci dengan air garam )
5 siung bawang putih
1 bh bawang bombay
1 sdm kecap manis
1/2 sdm saus tiram
Garam
Merica
Gula ( kalau manis dari kecap manis masih dirasa kurang )
1/2 sdm maizena
1/2 gelas air

Cara memasak :
1. Rebus brocolli dengan air panas, hingga matang tapi jangan terlalu lama supaya warna masih hijau segar
2. Tumis bawang putih dan bombay dengan mentega dan 1 sdm minyak goreng
3. Masukkan udang , aduk hingga rata matangnya , kemudian kecilkan api
4. Tambahkan air dan masukkan bumbu-bumbu ( kecap manis, saus tiram, garam, merica, gula dan maizena)
5. Setelah bumbu rata besarkan kembali api dan masukkan brocolli aduk hingga rata .
6. Matikan api dan sajikan

Sate Jamur ala Sate Kambing

Waktu belanja di Foodmart, suami pengen makan jamur goreng tepung, tapi karena terlalu banyak sisanya kami buat sate jamur. Dulu di Semarang ada sate jamur di daerah Anjasmoro, tapi entah kenapa terus tutup gak pernah terlihat buka lagi.. Kadang pengen banget makan sate jamur , karena penyajiannya seperti sate kambing. Bedanya yang ini lebih sehat dimakan hehehe.. Inilah resep "kira-kira" ala kami.



Bahan :
Jamur merang ( kalo beli di bandungan banyaaaak.. :D )
2sdm Kecap manis

sedikit Garam

sedikit Merica

Pelengkap :

Selada ( dipotong-potong )

Tomat

Bawang merah

Cara masak :
1. Jamur direbus bentar dengan air mendidih ( kata internet sih untuk mengurangi kadar airnya hehehe.. )
2. Setelah itu ditiriskan dan direndam dengan campuran kecap, garam dan merica
3. Siapkan teflon , beri minyak dikit saja. paling cuman
3 tetes. ( maklum soalnya belum punya bakaran hehe... ). Kalau suka bawang bisia diberi bawang atau bawang bombay sedikit , biar aromanya wangi.
4. Masukkan jamur yang sudah direndam ke teflon dan bolak balik hingga ada gosong-gosong dikit seperti sate
5. Sajikan bersama kecap dan bawang merah, beri selada, dan tomat supaya tambah persis sate kambing.
6. Pada sate jamur taburi merica ^^. Siap disantap !

Jumat, 25 Februari 2011

Es Semangka Selasih

Es ini hasil ajaran tante Hanna. Simple dan segerrrrr..

Bahan :
Semangka
Selasih
Sirup Rozen
Es batu

Cara buat nya :
1. Semangka dikerok tidak beraturan seperti memasah . Taruh di panci beri es batu, supaya kriuk-kriuk daging semangkanya.
2. Siapkan air sirup Rozen , masukkan semangka dan beri selasih.
3. Sajikan dingin-dingin ^,^

Bistik Ayam

Karena masih punya fillet ayam di kulkas dan ingin masak dan makan bestik ayam, tapi belum pernah tahu caranya . Jadi.... pagi-pagi gw SMS mami, tanya cara masaknya hehehe... biarpun singkat dan pake cara kira-kira ternyata enak banget jadinya huahaha.... jadi lahap makannya, suami siang pas mampir rumah ikut makan sekalian. Katanya juga "Enak banget" hehehe




Bahan :
2 potong dada fillet ayam
1 bawang bombay ( dirajang )
1 bh tomat ( dipotong jadi 6 )
1 1/2 sdm mentega
1/3 gelas air
1 sdm arak masak ( angciu )
1 sdm saus tomat

Rendaman :
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala
1/2 sdt maizena
Gula ( jika perlu, saya tidak pakai karena kecap manis yang saya gunakan sudah sangat manis )

Pelengkap :
French fries
Wortel
Buncis
Kacang polong

Cara memasak :
1. Potong daging ayam tipis-tipis agak memanjang
2. Siapkan mangkok campur kecap manis, garam , merica, bubuk pala
3. Campurkan daging ayam tadi ke dalam mangkok , aduk-aduk hingga semua bagian terendam. Tambahkan maizena , kemudian aduk kembali. Diamkan atau simpan di lemari es selama 20 menit supaya bumbu meresap
4. Sambil menunggu ayam siap, siapkan bahan pelengkap ( rebus wortel, buncis, polong dan goreng kentang )
5. Siapkan teflon panaskan mentega, tumis bawang bombay
6. Setelah bawang wangi masukkan ayam yang sudah direndam aduk-aduk terus sambil tambahkan air yang sudah dicampur dengan angciu. Minyak jangan terlalu besar, supaya ayam tidak gosong dan bumbu meresap
7. Tambahkan tomat dan saus tomat , sedikit kecap, garam, merica dan pala ke air. Cicipi sampai pas dengan selera Anda.
8. Sajikan dengan french fries, wortel, buncis dan kacang polong.

NB : fungsi maizena selain untuk mengentalkan juga untuk membuat bumbu lebih meresap dan daging lebih empuk ( gw baca di net :D )

Note : Rebus wortel, buncis dan polong dengan air yang diberi sedikit garam dan sedikit minyak goreng, terus langsung siram air dingin supaya warna menyala ^^

Kamis, 24 Februari 2011

Chicken Cordon Bleu

Akhirnya kesampaian juga bikin Chicken Cordon Bleu. Awalnya karena saya suka dan sering pesan menu ini kalau di resto atau cafe, maklum doyan ham dan keju. Tapi karena kembali lagi ke pengiritan, jadilah belajar masak steak ini . Memang agak ribet , karena banyak yang harus dipersiapkan , apalagi masak seorang diri . Tapi setelah semua selesai ada kepuasan sendiri ^^





Bahan Steak :
2 potong Dada Ayam tanpa tulang ( beli di supermarket )
Tepung Terigu
Tepung Roti

2 slice keju kraft ( saya pakai yang BBQ chicken )
2 slice ham ( dipanaskan dulu dengan teflon )
1 butir telor dikocok beri sedikit garam

Pelengkap :
Kentang goreng
Buncis

Wortel ( potong memanjang )
Kacang polong
Cara memasak :

1. Dada ayam ditipiskan dengan alat yang bentuknya seperti palu ( gak tau namanya ^^; ) supaya melebar dan tipis .
2. Taburi dengan garam dan merica
3. Tata 1 slice keju dan 1 slice ham di atas dada ayam tersebut kemudian lipat jadi dua ( sehingga posisi ham dan keju ada di dalam daging ayam )
4. Lumuri bagian luar dengan tepung terigu hingga rata, kemudian celupkan di kocokan telor dan dibalut kembali dengan tepung roti
5. Goreng dada ayam yang sudah dibalut tepung dengan minyak sedang ( jangan terlalu panas, supaya bagian dalamnya matang dan tepung tidak gosong )
6. Angkat dan sajikan bersama sayur , kentang dan mayonaise / sambal

NB : tadinya mau eksperimen bikin saus nya tapi karena bahan nya ada yang kurang jadi batal deh ^^

Great Interior from Secret Garden ( Korean drama )

Hari-hari ini saya lagi ngikutin serial korea "Secret Garden" karena banyak direkomendasi di net dan teman. Ternyata memang cerita nya menarik dan yang paling berkesan bagi saya saat menonton itu adalah interiornya. Baru di episode 1 sudah jatuh cinta sama interior nya. Terutama rumah yang ditinggali oleh Kim Joo Won dan Oska ( beda rumah tapi satu kompleks ) . Eksteriornya kesannya biasa saja , banyak menggunakan kaca, tapi begitu diperlihatkan interiornya .. wow ! desainnya unik dan warna nya bersih sekali... dominasi warna putih.

Ternyata kompleks rumah tersebut memang benar-benar ada , dinamakan "Maiim Vision Village" yaitu area training milik perusahaan kosmetik Maiim. Ini ada link khusus Maiim Vision Village http://www.maiimvisionvillage.co.kr/

Secara desain rumah yang ditinggali Kim Joo Won lebih unik dengan penggunaan ornamen ruangnya juga unik, banyak memakai bentuk organik. Living room nya besar banget, desain meja kerjanya juga keren. Bathroom dan Bed room nya terletak di atas living room jadi kalau ada tamu bisa menyapa langsung dari bedroom wkwkwk.. Walk in closet nya juga benar-benar luaaasss... ada khusus tempat sepatu , dasi dan jam hehehe...

Tapi dari segi comfort , Rumah yang dipakai Oska lebih nyaman, kesannya lebih homie... apalagi ada grand piano nya warna putih ( keren bangett ^^ ) . Benar-benar rumah idaman, tapi sayangnya gak cocok diterapin di Indonesia, karena pasti boros energi karena dikelilingi kaca, jadi pasti pemakaian AC harus besarrr... hehehe... Btw, silakan dinikmati aja sebagian foto nya siapa tahu jadi inspirasi untuk Anda. ^^


Eksterior Rumah Kim Joo Won ( bird eyes )


Beberapa sudut interiornya ( saya capture sendiri dari DVD )


Eksterior rumah Oska ( dari google )

Inilah grand piano warna putih di Rumah Oska ^,^

Living Room rumah Oska .. minimalist tapi fungsional
kitchen islandnya juga simple banget ..
harus rajin bersih-bersih kalau punya rumah seperti ini



Jalan-jalan ke Eropa

Sejak dari 'honeymoon' kami , suami sekarang jadi senang travelling, padahal dulu susah banget kalau suruh ninggal kerjaan. Katanya "Nabung yuk, nanti kita ke Belanda hehehe.. pengen foto pakai baju Belanda, dulu waktu aku masih kecil ke dokter gigi, di ruang prakteknya ada foto dokternya pakai foto baju Belanda hehehe..".

Kemudian saya mulai cari info tentang Belanda dan kota2 sekitarnya ( karena awalnya saya kurang tertarik jalan-jalan ke Eropa ). Tapi ternyata cukup menantang juga medan nya hehehe... ( jiwa petualang mulai keluar ) akhirnya, jadi semangat juga ngumpulin info jalan-jalan dan backpacker ke Eropa. Nah, sambil menabung , mimpi pun mulai ^^. Tempat yang paling ingin kami kunjungi adalah Volendam ( foto pakai baju Belanda ) dan Keukenhof ( taman bunga , karena ingin lihat bunga tulip bermekaran hehe... ).



Volendam ( gbr. dari google )

Keukenhof



Rabu, 23 Februari 2011

Udang Saus Madu


Bahan :

250 gr udang ukuran sedang ( jangan terlalu kecil )


Bahan celupan :

2sdt garam

1/2 sdt merica

1 btr telor

2 siung bawah putih ditumbuk halus

4sdm tepung terigu

Tepung terigu ( untuk melapisi lagi )



Bahan saus Madu :

1 bh bawang bombay

2 siung bawang putih

70 ml air

3 sdm madu ( kalau tidak suka manis boleh dikurangi )

1 sdm gula pasir

½ jeruk nipis ( diperas )

1sdm maizena



Cara memasak :

1. Cuci bersih udang , buang kepala dan kulit, tinggalkan bagian ekor. Belah bagian punggung, buang uratnya. Setelah cuci bersih beri perasan jeruk nipis dan garam, supaya hilang kotoran dan amisnya.

2. Campur bahan celupan , kecuali tepung roti. Kocok hingga rata

3. Masukkan udang ke bahan celupkan selama 10 – 15 menit supaya menempel

4. Lumuri kembali udang satu persatu dengan tepung terigu

5. Setelah semua dibalut tepung, siapkan minyak panas , kemudian goreng udang hingga kuning keemasan.


NB : Jika ingin praktis, udang yang sudah dilumuri adonan bisa di freezer dulu . Jadi langsung goreng ^^



Memasak Saus :

1. Campur air , jeruk nipis, maizena dan madu, aduk rata

2. Tumis bawang putih dan bawang bombay , sampai agak layu

3. Masukkan campuran air dan madu , masak hingga mengental kemudian angkat

4. Sajikan bersama udang


Fruit Salad



Bahan nya sama dengan yang dipakai untuk buat Sop Buah. Hanya saja bedanya tidak pakai sirup , melainkan Saus .

Bahan saus ( untuk 2 porsi ) diaduk rata :
3 sdm mayonaise
2 sdm susu kental manis putih
2 sdm madu
1 sdm cream cheese

Sop Buah

Ingin buat yang seger-seger ,jadilah Sop Buah ini hehehe,sekalian buat untuk dibagikan ke mertua, ponakan dan ipar ^^ . Bahan nya buah seadanya,tapi kali ini saya pakai.






Bahan :
Semangka
Melon
Belimbing
Pepaya
Nanas
Apel
Strawberry
Jelly
Sirup Rozen
Susu kental manis putih


Cara buat :
1. Buah potong kecil-kecil kotak
2. Khusus untuk apel , supaya tidak coklat bisa diberi perasan jeruk nipis
3. Campur semua bahan beri sirup dan susu kental manis. Untuk satu gelas besar pakai 1 sdm susu dan 1 sdm sirup.
4. Pakai es lebih segar ^^




Udang Saus Lemon


Ini variasi lain penyajian Udang ^^




Bahan :

300 gr udang ukuran sedang ( jangan terlalu kecil )


Bahan celupan :

2sdt garam

1/2 sdt merica

1 btr telor

2 siung bawah putih ditumbuk halus

4sdm tepung terigu

Tepung roti ( utk melapisi lagi )

Bahan saus :

100 ml Sirup orange / lemon ( misalnya : sunquick, Berry , dst )

2sdm madu

1 sdm gula pasir

½ jeruk nipis

1sdm maizena campur dengan 2 sdm air

300 gr udang ukuran sedang ( jangan terlalu kecil )


Bahan celupan :

2sdt garam

1/2 sdt merica

1 btr telor

2 siung bawah putih ditumbuk halus

4sdm tepung terigu

Tepung roti ( utk melapisi lagi )


Bahan saus :

100 ml Sirup orange / lemon ( misalnya : sunquick, Berry , dst )

2sdm madu

1 sdm gula pasir

½ jeruk nipis

1sdm maizena campur dengan 2 sdm air


Cara memasak :

1. Cuci bersih udang , buang kepala dan kulit, tinggalkan bagian ekor. Belah bagian punggung, buang uratnya. Setelah cuci bersih beri perasan jeruk nipis dan garam, supaya hilang kotoran dan amisnya.

2. Campur bahan celupan , kecuali tepung roti. Kocok hingga rata

3. Masukkan udang ke bahan celupkan selama 10 – 15 menit supaya menempel

4. Lumuri kembali udang satu persatu dengan tepung roti ( bisa juga diganti tepung terigu )

5. Setelah semua dibalut tepung, siapkan minyak panas , kemudian goreng udang hingga kuning keemasan.


Bahan saus :

1. Siapkan panci kecil masukkan sirup orange / lemon , hidupkan kompor

2. Campur air , maizena, perasan jeruk nipis dan gula pasir , aduk dan campurkan ke panci

3. Sambil menunggu mendidih , aduk terus

4. Setelah mendidih matikan, dan diamkan sebentar , baru kemudian tambahkan madu

5. Siap dihidangkan bersama udang yang sudah digoreng ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...