Selasa, 27 Maret 2012

Siomay Ayam Udang

Berhubung punya sisa kulit pangsit di kulkas dan belum pernah bikin siomay jadilah Siomay Ayam Udang ini hehehe.. Ternyata bikinnya gampang dan cepet kok .




Bahan : 
100 gr daging ayam giling
100 gr udang ( kupas dan cacah dagingnya )
1 telor ayam ( dikocok ) 
2 batang onclang ( rajang ) 
1 sdm tepung kanji
1 sdm terigu
1 lembar ham ( dicacah ) 

Bumbu : 
1 sdm minyak wijen
1 sdm angciu
1 sdt garam
Merica
Sedikit gula

--
Bahan lain : 
15 kulit pangsit / siomay ( beli di supermarket )
sedikit parutan wortel




Cara memasak :
1. Campur bumbu-bumbu jadi satu supaya kalo disiram kan ke daging bisa merata
2. Campur semua bahan jadi satu aduk-aduk rata dengan bumbu-bumbunya. 
3. Setelah semua tercampur rata, ambil 1 sdm isian , taruh di tengah-tengah kulit kemudian tarik pinggir-pinggir kulit ke atas. taburi parutan wortel. Lakukan hingga bahan habis.
4. Siapkan kukusan dengan air mendidih, olesi tatakan kukusan ( yang lubang-lubang dengan sedikit minyak ) 
5. Masukkan siomay satu persatu.
6. Perciki siomay dengan sedikit air yg sudah dicampur minyak. Supaya kulit bisa lunak tidak mengeras setelah matang. Selain itu bisa mengkilap juga.
7. Kukus kira-kira 15 - 20 menit . 
8. Setelah matang angkat dan makan dengan saus sambal hmmm.. yummy :P

Kamis, 22 Maret 2012

Beef Enoki Roll

Sudah lama banget kepengen bikin beef enoki ini. Dulu pertama kali gw lihat caranya saat A Yi ngajarin, tapi gw belum minat masak memasak jadi gak terlalu perhatikan. Apalagi waktu itu A Yi bikin pake bumbu2 Jepang, berhubung gak punya stock bumbu di Kudus jadi ya pake saus BBQ , ternyata rasanya cocok juga hehehe... Dapet resep nya di Steamy Kitchen.




Bahan : 
1 pak Sukiyaki ( beli di Hypermart )
1/2 bks jamur enoki ( potong akarnya, cuci bersih ) 

Mentega
2 siung bawang putih cacah 
1 batang onclang dirajang
Garam
Merica hitam
Saus tiram
1 sdm Saus BBQ ( merk del monte ) 
1 sdm gula
Kecap manis sedikit

Cara masak : 
1. Didihkan 200 ml air , matikan api, masukkan daging sukiyaki 1/2 matang, tiriskan lembar per lembar
2. Didihkan kembali air dan matikan api, masukkan jamur 10 detik an langsung tiriskan , kasih garam dikit
3. Gulung daging dengan enoki di dalamnya, lakukan hingga semua daging habis
4. Panaskan  mentega dengan teflon, masukan daging gulung dan merica hitam masak hingga kecoklatan

Memasak saus : 
1. Tumis bawang putih dengan mentega, masukkan onclang, sampai harum dengan api kecil
2. Masukkan saus tiram sedikit, dan saus BBQ , aduk-aduk tambah 100 ml air
3. Beri kecap manis dan gula, aduk-aduk hingga meletup. 
4. Siram di beef roll nya .. Siap disantap hangat-hangat ^^


Jumat, 16 Maret 2012

Sup Bibir Ikan ala Hiesit

Waktu ke Semarang , hubby dititipin beli bibir ikan sama cici ipar. Hubby beliin gw sekalian katanya untuk coba-coba masak hehe.. Setelah browsing resep dan pengalaman kuliner , gw putusin kalau buat sup bibir ikan tapi kayak masak hiesit. Hiesit itu salah satu makanan favorit gw dari kecil, soalnya jaman gw kecil tiap kali ada undangan makanan pembukanya selalu hiesit hehehe.. biarpun biasanya "hiesit2"an bukan hiesit beneran :P . Dengan waktu yang terbatas, maklum sambil ngurusin little Karen, jadi masak sup bibir ikannya juga sederhana , dengan bahan sederhana hehe...



Bahan :
1 fillet dada ayam ( diiris2 kecil-kecil memanjang ) 
5 buah jamur hioko ( rendam dengan air mendidih + jahe supaya harum , cuci lagi dengan air dingin dan peras, buang tangkainya, potong-potong melintang )
2 genggam bibir ikan ( gak gw timbang soalnya , rendam dengan air mendidih + jahe 30 menit an )
4 buah cakar ayam ( beri air 1,5 lt, untuk  kaldu sup nya ) 

5 siung bawang putih ( geprek kemudian dicacah )
 3 siung bawang merah ( rajang tipis ) ** revisi tambahan resep supaya lebih enak
1 bawang bombay ( rajang tipis-tipis )
5 cm jahe ( pilih yang 'gemuk' , kupas kulitnya bagi jadi 2 , digeprek ) 
2 sdm angciu 
Kecap manis
Saus tiram
Garam
Merica
3 sdm Air + 1 sdm maizena untuk mengentalkan 

Cara memasak : 
1. Bumbui ayam dengan kecap manis, saus tiram dan garam, diamkan 30 menit an supaya meresap
2. Panaskan 5 sdm minyak goreng di wajan, masukkan bawang putih, bombay dan jahe, aduk-aduk hingga wangi
3. Masukkan ayam , aduk-aduk terus hingga matang, beri angciu , kecap manis dan saus tiram , sambil tambahkan sebagian air kaldu,  kecilkan api supaya bumbu meresap ke daging
4. Masukkan bibir ikan dan jamur , aduk-aduk
5. Masukkan air kaldu 
6. Cicipi dan tambahkan kecap manis, saus tiram dan garam hingga sesuai selera
7. Setelah pas tambahkan air maizena , aduk hingga mengental. Tambahkan sedikit minyak wijen kalau suka
8. Matikan api dan sajikan .


Sabtu, 03 Maret 2012

Ayam Siram Saus Jamur

Nyobain resep dari buku "Masakan peranakan Tionghoa" , rasa masakan di buku ini enak-enak sih cocok dengan lidah "Jawa" wkwkwk.. Kali ini saya coba yang Ayam saus Jamur dimodifikasi dikit sesuai selera bumbunya. Memang sekilas tampangnya mirip ayam ca jamur tapi rasanya beda.. enak lhooo.. Hubby juga suka banget, biarpun gak ada ayamnya sausnya tetep enak dimakan sama sayurnya ^^




Bahan : 
1/4 ayam potong2  ( maklum cuman berdua makannya ) 
Garam
Bumbu ngohiang 

Bahan saus jamur : 
2 siung bawang putih ( digeprek ) 
1/2 bks Jamur kancing ( beli pack-packan di supermarket ) 
Broccoli ( direbus dulu bentar untuk hilangkan bau ) 
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
Sedikit Saus Inggris
Garam
Merica
Gula sedikit ( kalau perlu )
50 ml Air
50 ml air + 1/2 sdm kanji
Minyak goreng + mentega ( untuk menumis )

Cara memasak ayam :
1. Lumuri ayam dengan garam dan merica hingga merata , diamkan 30 menit an supaya bumbu meresap
2. Goreng ayam dengan minyak panas hingga kering
3. Tiriskan

Cara memasak saus jamur : 
1. Panaskan minyak goreng + mentega
2. Masukkan bawang putih , tumis hingga harum
3. Masukkan jamur kancing, aduk-aduk
4. Masukkan bumbu=bumbu : saus tiram, kecap manis, saus inggris, garam
5. Tambahkan air
6. Masukkan brocolli
7. Masukkan air kanji  dan merica, aduk hingga mengental. Cicipi sesuai selera. Kalau suka manis bisa ditambahkan sedikit gula.
8. Masukkan ayam dan aduk sebentar
9. Matikan api dan sajikan ^,^ makan selagi panas 



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...