Selasa, 26 April 2011

Sop Iga Sapi

Lama banget dah gak makan iga, buntut, dll , jadi minta tolong suami belanja di pasar deket toko, karena di pasar kliwon dagingnya lebih komplet. Jadi suami minta tolong bibinya toko belanjain dan bilang dipotong-potong iga nya ( karena gak punya bendo untuk potong tulang iga nya hehehe... ) . Nah setelah bibi pulang ternyata iga nya malah tanpa tulang hahaha... jadi seperti tetelan padahal harga nya harga iga hehehe... ya tapi tetep seneng sih karena akhirnya kesampaian juga masak iga hahaha..


Bahan :
250 gr Iga sapi ( direbus dengan air mendidih, api kecil, buang busa dan kotorannya )
2 buah wortel ( potong agak besar )
2 buah kentang ( potong jadi 4 )
1/2 buah bawang bombay ( dirajang dan ditumis dulu dengan mentega )
2 batang daun onclang ( dirajang )
3 batang seledri ( dirajang )
2 buah cengkeh
1/4 sdt pala parut
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Merica
1 sdm Gula
1 liter air

Cara memasak :
1. Siapkan panci berisi air rebus iga yang sudah dipotong, saat mulai mendidih maka akan mengeluarkan busa , buang busanya supaya air bening
2. Setelah daging mulai empuk, masukkan bawang bombay yg sudah ditumis, kentang dan wortel
3. Setelah sayuran mulai empuk, masukkan tomat, cengkeh, onclang dan seledri
4. Tambahkan bumbu-bumbu pala, garam , merica dan gula, cicipi hingga pas rasanya sesuai selera
5. Matikan api dan hidangkan ..sedap dimakan saat hangat ^^




Senin, 25 April 2011

Sop Telor Tomat


Resep ini modifikasi dikit dari http://www.travelchinaguide.com/tour/food/chinese-cooking/tomato-egg-soup.htm . Resep soup ala chinese restaurant ini sering disebut 西红柿鸡蛋汤 (xī hóng shì jī dàn tāng). Rasanya seger banget terutama dimakan di pagi hari dan disajikan hangat-hangat . Bahannya mudah, bikinnya juga gampang dan yang pasti enak hehe...biarpun bentuknya biasa aja .



Bahan :
3 butir telor kocok
2 buah tomat ( potong-potong tipis )
1 batang onclang / daun bawang ( dirajang )
Garam
Merica
1/2 sdt minyak wijen
3 gelas air

Cara memasak :
1. Rebus air dengan panci
2. Setelah mendidik masukkan telor kocok sambil diaduk
3. Kemudian masukkan potongan tomat
4. Setelah tomat agak layu , tambahkan garam dan merica, cicipi
5. Setelah rasa sesuai selera, matikan api , tetesi dengan minyak wijen dan masukkan rajangan onclang
6. Siap disantappp ^^

Breakfast @Mc D

Akhir-akhir ini sering lihat iklan breakfastnya Mc D, terlihat banget close up tetesan seduhan kopi, kemudian 'ceplok'an telor nya, kemudian dagingnya yang menggoda banget, rasanya benar-benar tergoda untuk mencoba menu tersebut :) .

Menu breakfast ini mulai tersedia pk. 05.00 pagi ( cocok banget kalau pengen keluar pagi-pagi hehe.. ) sampai pk. 11.00 , jadi pada jam 05.00-11.00 Mc D tidak menyediakan menu lainnya seperti ayam dan frenchfries.

Nah , sewaktu ke semarang, ditekadin deh pagi-pagi ma keluarga ke Mc D yang baru di semarang ( di jl. pandanaran ) dan pesanlah kami menu-menu breakfastnya termasuk paket dengan kopi dan teh. Untuk harga ternyata gak murah-murah banget , apalagi kalau paket termasuk minumnya harganya nyampe 20 rb lebih hehehe.. Hitung aja kalo ber dua berarti sudah 40 rb lebih hanya utk breakfast.
Tapi memang rasanya enak sih, apalagi lelehan keju dan telornya enak banget hehehe... pengen banget ke Mc D lagi apalagi pagi-pagi minum hangat2 ^^. Adik gw sempat beli hash browns nya juga, rasanya sih gak terlalu istimewa , tapi ya lumayan untuk ganjal lapar kalau kurang kenyang hahaha..



*berhubung lupa bawa kamera jadi foto pake HP hehehe.. not bad :P

Jumat, 22 April 2011

Gurami Saus Mangga

Resep ini dapat waktu nonton 811 news di metro, karena keliatannya bikinnya simpel . Resep aslinya pakai ikan kakap, tapi karena pas beli nya Gurami jadi ya pakai ikan gurami aja hehe..



Bahan :
1 ekor gurami kecil ( maklum cuman 2 orang yang makan )
Garam
Merica
3 sdm tepung kanji / tepung sagu

Bahan saus :
1 buah mangga mentah dirajang ( gak ngidam loh..wkwkwk.. )
1/4 buah tomat
Daun kemangi
1 bawang merah ( dirajang )
1 bawang putih ( dirajang )
2 cabe merah besar ( saya gak pakai , karena sedang menghindari makanan pedas hehe.. )
1/2 sdt kecap ikan
1 sdm gula pasir ( ini tambahan , karena mangga yang saya pakai asam bangett ^^ )
Garam
Merica
--Campur aduk rata semua bahan saus di atas dan simpan di lemari es --

Cara memasak :
1. Bikin 2 lembar fillet dari gurami , cuci bersih dan beri jeruk nipis, kemudian cuci lagi
2. Marinate dengan tepung kanji , beri garam dan merica di dua sisinya , masing2 sejumput saja , kemudian diamkan 1 jam
3. Siapkan minyak untuk menggoreng ikan
4. Goreng sampai agak kering kulitnya
5. Sajikan dengan saus mangga yang sudah kita buat
6. Makan ikan bersama sausnya , rasanya nano-nano, asin asam manis campur jadi satu hehe..


Rabu, 20 April 2011

Sapi Lada Hitam

Pengennya sih bikin Sapi lada hitam sayur crispy nya Xiao Chu, tapi karena gak nemu kaylan dan kemarin dikasih kentang banyak ma cicik ipar jadinya masak sama kentang deh sapi lada hitamnya hehe.. terus supaya warnanya lebih bagus diberi brocolli ( pas dapet yang muda2 hehehe.. )



Bahan :
100 gr daging sapi has dalam iris tipis
2 buah kentang besar ( potong-potong dan goreng )
2 bonggol brocolli ( disiangi dan rebus bentar supaya bau 'langu'nya hilang )
1 siung bawang putih dicacah
1/2 bawang bombay rajang panjang
1 sdm angciu
2 sdm Kecap manis
1 sdm Saus tiram
1 sdm Merica hitam ( lebih enak pake yang butiran kemudian diuleg kasar ), tapi kalo gak ada ya pake yang sudah bubuk juga gak papa
Sedikit garam

Bumbu rendaman :
2 sdm maizena
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin

Cara memasak :
1. Daging yang sudah diiris diberi maizena, kecap manis dan kecap asin, aduk hingga rata, kemudian diamkan 1 jam di dalam lemari es ( supaya daging empuk dan kecap meresap )
2. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak , kemudian masukkan daging ( hati-hati daging usahakan matang rata, jangan mengelompok dagingnya )
3. Tambahkan sedikit air, angciu dan saus tiram sambil daging diaduk
4. Masukkan bawang bombay
5. Masukkan kentang dan brocolli
6. Tambahkan kecap manis, kecap asin dan merica hitam
7. Aduk-aduk dengan api kecil, cicipi hingga rasa sesuai selera

Note : Kalau ada paprika bisa ditambahkan supaya khas lada hitamnya

Selasa, 19 April 2011

Sapi Kacang Panjang Tauco

Ini lihat dari resep di buku masakan, tapi dimodifikasi sendiri karena disesuaikan selera saya .




Bahan :
100 gr daging has dalam ( di freezer kemudian iris tipis-tipis )
seikat kacang panjang ( potong-potong )
1 batang petai ( belah jadi dua biji petainya ) , boleh skip kalau tidak suka
5 siung bawang merah ( rajang-rajang )
3 sdm tauco ( beli di supermarket )
1/2 bh tomat potong jadi 3
1 bh cabe merah besar
1 bh cabe hijau besar
3 daun salam
3 cm laos / lengkuas
2 lbr daun jeruk
1 batang serai ( putihnya aja digeprek )
1 sdm kecap manis
Garam sedikit karena tauco biasanya sudah asin
50 ml air
Minyak goreng utk menumis

Cara memasak :
1. Tumis bawang merah dengan minyak sampai wangi, masukkan cabe merah dan cabe hijau
2. Beri tauco, serai , lengkuas
3. Masukkan daging sapi , aduk-aduk terus hingga matangnya rata
4. Masukkan kacang panjang dan petai
5. Sambil diaduk terus beri kecap manis dan garam
6. Beri air , tomat, daun salam dan daun jeruk
7. Aduk-aduk terus dan masak dengan api kecil supaya air agak menyusut dan bumbu meresap ke daging


Note : kalau suka pedas , cabe boleh ditambah. ^^
Rasanya asyik, ada wangi jeruk berpadu dengan aroma petainya hehehe... enaaak..

Jumat, 15 April 2011

Udang Melon Mayonaise

Menu ini terinspirasi dari Palace, udang mayonaise di sana disajikan dengan melon, ada yang disajikan dengan brocolli juga. Kali ini bikin udang tepung nya beda dari yang sebelumnya, karena pengen buat yang tepungnya tebal dan kriuk-kriuk kalo digigit hehehe..



Bahan :
250 gr udang ukuran sedang , belah punggung buang urat , kulit dan kepalanya
100 gr tepung sagu ( bukan tepung kanji , agak beda )
1 butir telor kocok
1 bawang putih digeprek
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
sejumput merica
1/4 buah melon potong kotak-kotak kecil
2 sdm wijen disangrai dulu
Minyak goreng

Bahan saus :
2 sdm mayonaise ( beli di supermarket )
2 sdm susu kental manis putih
sedikit perasan jeruk nipis ( kalau suka sedikit asam, kalau suka manis boleh di skip )

Cara memasak :
1. Cuci bersih udang yang sudah dikupas, beri perasan jeruk nipis, diamkan sejenak kurleb 15 menit, kemudian cuci bersih lagi
2. Balut dengan tepung sagu
3. Celupkan ke telor kocok yang sudah dicampur dengan bawang putih, garam,gula dan merica
4. Balut kembali dengan tepung sagu
5. Sisihkan dan lakukan begitu seterusnya
6. Goreng dengan minyak panas, tapi kemudian kecilkan api, supaya bagian dalam matang

Cara penyajian :
1. Siapkan piring
2. beri potongan melon dan tambahkan garnish lainnya seperti rajangan kol ataupun timun di sekitar melon
3. Celupkan udang yang sudah digoreng ke dalam saus, celupkan di wijen yang sudah disangrai
4. Tata di atas potongan melon
5. Siap disantapp ^^

Kamis, 14 April 2011

Gai Pad Kapraw ( Ayam Kemangi )

Berhubung masih punya daging ayam giling dan akhir-akhir ini saya lagi senang masakan thailand, jadilah masakan Gai Pad Kapraw alias Ayam Masak Kemangi hehehe.. betul gak ya tulisannya ? yang pasti ayam masak kemangi ini rasanya unik ^,^

Bahan :
100 gr daging ayam giling
1 piring daun kemangi ( siangi daunnya )
5 siung bawang merah rajang
3 siung bawang putih rajang
5 cabe merah keriting rajang ( kalau kurang pedas boleh tambah )
3 daun jeruk , buang tulangnya rajang tipis
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1/2 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak cabe ( kalau suka pedas, boleh di skip kalau tidak suka )
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Garam dikit
Merica dikit

Cara memasak :
1. Tumis bawang merah dan putih dengan minyak panas
2. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga matangnya rata
3. Beri kecap asin , aduk-aduk, kemudian kecap ikan dan kecap manis, aduk-aduk hingga rata
4. Masukkan cabe merah keriting
5. Masukkan daun kemangi dan daun jeruk, aduk-aduk terus hingga daun kemangi layu
6. Tambahkan garam dan merica, cicipi sesuai selera , tambahkan minyak cabe kalau suka pedas

Kroket Ayam

Berhubung punya sisa bahan saat membuat resoles kemarin, jadi nya hari ini diolah jadi kroket, isinya hampir sama , hanya kulitnya beda. Kroket memakai kentang



Bahan kulit :
5 buah kentang ukuran sedang / 3 buah kentang ukuran besar
Garam
Merica
Pala
3 sdm susu segar

Cara membuat kulit :
1. Kupas, dan potong-potong kentang , kemudian goreng
2. Tumbuk kentang yang sudah digoreng
3. Kentang yang sudah ditumbuk beri susu sambil diuleni tambahkan garam, merica , pala parut sedikit, uleni sampai rata
4. Sisihkan , sambil buat isian kroket



Bahan isian :

100 gr daging ayam cacah ( rebus dahulu dengan 2 gelas air )
1 wortel potong kotak-kotak kecil
2 batang seledri, rajang kecil-kecil
1 bombay rajang kecil-kecil
10 butir telor puyuh rebus ( dibagi 2 )
150 ml susu segar ( ultra / yang tawar )
3 sdm tepung terigu yang sudah diayak
1 sdm mentega
1 lembar smoke beef potong kecil- kecil
Garam
Merica
Pala bubuk

Bahan menggoreng :
Minyak goreng
1 butir telor kocok
Tepung panir

Cara memasak :
1. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai wangi
2. Masukkan daging ayam dan smoke beef aduk-aduk hingga matang
3. Masukkan sedikit air rebusan ayam ( kira-kira 50 ml )
4. Masukkan tepung terigu aduk-aduk
5. Masukkan susu, wortel dan seledri sambil diaduk terus
6. Tambahkan garam, gula , merica, dan pala bubuk / parut, cicipi sesuai selera Anda
7. Setelah mendidih , matikan api dan dinginkan sejenak



Cara mengisi dan menggoreng kroket :
1. Ambil sesendok penuh kentang tumbuk, pipihkan di atas plastik, setipis mungkin tapi tidak lubang
2. Beri 1 sdt bahan isian dan separuh telor puyuh di tengah kulit
3. Gulung memakai plastik, dari kanan ke kiri
4. Gulung bagian atas ke bawah, hingga tidak ada lubang
5. Celupkan bahan yang sudah dilipat ke dalam telor kocok
6. Angkat dan balut dengan tepung panir, goreng dengan minyak panas tapi api kecil, hingga kulit berwarna kecoklatan
7. Sajikan dengan acar timun dan cabe rawit hijau ^^


Note :
cara membuat acar timun :
Buang bijinya dan Potong-potong mentimun , siapkan di wadah. Beri 2 sdm cuka, 1 sdt garam dan 1 sdt gula, diamkan di lemari es, hingga timun jadi berasa.

Selasa, 12 April 2011

BIG Beef Burger

Awalnya cici ipar yang pengen dibuatin burger, akhirnya saya cari resep di net, dengan coba-coba, akhirnya resep ini yang paling ok .





Bahan Daging :
200 gr daging sapi giling
2 sdm tepung roti ( bread crumb)
Gula sedikit

Garam
Merica
Pala
1/2 butir telor kocok
( Semua bahan diatas, diaduk jadi satu )

Cara membuat daging burger :
1. Bentuk bulatan dari bahan-bahan yang sudah dicampur, kemudian pipihkan, jangan terlalu tebal
2. Panaskan minyak pada teflon kemudian goreng daging burger dengan api kecil
3. Balik sekali saja supaya matang rata

Bahan saos :
1 buah tomat, potong kotak-kotak
1/2 bawang bombay rajang
2 sdm saos tomat
1 sdm gula pasir
Daun basil
Daun oregano

Cara membuat saos :
1. Tumis bawang bombay dengan mentega
2. Masukkan tomat dan saus tomat
3. Beri gula pasir , daun basil dan oregano

Bahan Burger :
Roti burger / burger bun ( beli di supermarket / bakery )
Daging burger
Saos
Selada / Lettuce
Tomat segar diiris
Keju slice / Kraft
Timun diiris

Cara membuat :
1. Potong roti burger bagian tengahnya jadi 2
2. Pada bagian bawah roti burger beri dan susun daun selada / lettuce, keju slice, daging burger, olesi saos yang sudah dibuat, tomat dan ketimun , kemudian tutup dengan potongan roti bagian atas
3. Siap disantappp !!! ^,^

Family Resoles

Ini resep resoles keluarga , beda dengan Holland Risole. Cara membuatnya memang agak ribet, karena mesti buat kulitnya dulu, kemudian isinya, kemudian membungkus isi dan menggorengnya.
Tapi ada kepuasan tersendiri saat sudah berhasil membuat hehee.. dan rasanya tidak mengecewakan wkwkwk...




Resep kulit :
2 ons Tepung Terigu
2 butir telor ayam kocok
1 sdt garam
1 sdm maizena
2 gelas air gelas belimbing ( 300 ml )

Cara buat kulit :
1. Campur tepung dengan garam, telor , dan maizena aduk-aduk
2. Sambil diaduk-aduk / diuleni masukkan air sedikit demi sedikit, sehingga adonan halus dan agak cair ( tapi jangan terlalu cair )
3. Siapkan teflon yang sudah dikuas mentega, beri adonan , ratakan ( tipis tapi tidak lubang ) , panaskan , masak hingga adonan matang . Masak satu persatu, jangan langsung, karena teflon yang panas menyebabkan adonan langsung lengket.
4. Sisihkan yang sudah matang , beri plastik di tiap lapisan kulit supaya tidak saling menempel
5. Bisa jadi 15 lembar kulit


Bahan isian :
100 gr daging ayam cacah ( rebus dahulu dengan 2 gelas air )
1 wortel potong kotak-kotak kecil
2 batang seledri, rajang kecil-kecil
1 bombay rajang kecil-kecil
1 dos susu ( ultra / yang tawar ) kurang lebih 150 ml
3 sdm tepung terigu yang sudah diayak
1 sdm mentega
Garam
Merica
Pala bubuk

Bahan menggoreng :
Minyak goreng
1 butir telor kocok
Tepung panir

Cara memasak :
1. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai wangi
2. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga matang
3. Masukkan sedikit air rebusan ayam ( kira-kira 50 ml )
4. Masukkan tepung terigu aduk-aduk
5. Masukkan susu, wortel dan seledri sambil diaduk terus
6. Tambahkan garam, gula , merica, dan pala bubuk / parut, cicipi sesuai selera Anda
7. Setelah mendidih , matikan api dan dinginkan sejenak

Cara melipat dan menggoreng resoles :
1. Siapkan kulit di tempat yang rata
2. Beri 1 sdm bahan isian di tengah kulit
3. Lipat bagian kanan dan kiri
4. Gulung bagian atas ke bawah, hingga tidak ada lubang
5. Celupkan bahan yang sudah dilipat ke dalam telor kocok
6. Angkat dan balut dengan tepung panir, goreng dengan minyak panas tapi api kecil, hingga kulit berwarna kecoklatan
7. Sajikan dengan acar timun dan cabe rawit hijau ^^


Rabu, 06 April 2011

Daging aroma Semur

Makanan ini sih gak tau namanya karena asal bikin , tapi rasanya enak, aromanya seperti semur. Waktu saya kasih ke kakak ipar pada bilang enak dan besoknya minta tolong dimasakin itu lagi hehehe.... Memang waktu masak ini saya rendam soon nya kelamaan, jadi keburu 'medhok' tapi besoknya saya gak rendam lama-lama dan soon masih enak hehee...

Bahan :
2 siung bawang putih rajang
1/2 bh bawang bombay rajang
100 gr daging ayam atau sapi ( diiris tipis )
1 bh wortel potong kotak-kotak kecil
1 bh kentang potong kotak-kotak ( digoreng lebih dulu supaya wangi )
1 ikat soon ( rendam bentar dengan air )
1 batang seledri dirajang
Kecap manis
Merica
Garam
Pala bubuk / pala utuh diparut

Rendaman daging :
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
Sejumput merica
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt maizena

Cara membuat :
1. Rendam daging lebih dahulu dengan bumbu rendaman, aduk-aduk hingga rata, Maizena masukkan terakhir. Diamkan setengah jam di lemari es , supaya bumbu meresap
2. Siapkan wajan, tumis dengan mentega bawang putih dan bawang bombay hingga harum
3. Masukkan daging yang sudah dibumbui berikut sisa bumbunya, aduk-aduk dengan api kecil, supaya daging matang semua
4. Masukkan wortel dan kentang, aduk-aduk sampai wortel matang
5. Masukkan soon dan seledri
6. Cicipi bumbunya kalau kurang boleh ditambah garam kecap manis dan pala
7. Matikan api sajikan, enak dimakan dengan nasi hangat dan krupuk bawang hehehe..

Sawi ca Sosis

Biasa..dengan sisa bahan dan sayur , jadilah olahan ini hehehe... Cara bikinnya mudah dan cepat.


Bahan :
3 buah sosis, dirajang miring
1/2 bawang bombay rajang
1 siung bawang putih geprek
4 lembar sawi putih, potong-potong
1 cangkir air
1 cangkir air lagi + 1sdm maizena ( diaduk )
Garam
Merica
Gula sedikit

Cara memasak :
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan sedikit mentega, hingga harum
2. Masukkan sawi putih yang sudah dipotong , aduk-aduk , tambahkan air
3. Masukkan sosis , kecilkan api
4. Kalau ingin mengentalkan masukkan air maizena, tapi kalau lebih suka kuah biasa, tidak perlu ditambahkan air maizena
5. Tambahkan garam, merica dan gula sedikit, cicipi , kalau sudah pas matikan api

Senin, 04 April 2011

Spaghetti Carbonara

Hiaaaa... akhirnya berhasil membuat carbonara yang enaaak ( hehehe nurut saya lhooo.. ) , atas saran dari teman jadi bereksperimen lagi dengan carbonara. Dan hasilnya memuaskan hohoho...

Bahan :
50 gr spaghetti
Tatau kira2 bisa 2 porsi
2 potong smoked ham / bacon

1/2 bawang bombay di rajang kecil

1 sdm krim ( saya pake Elle vire )

1/2 butir telor kocok

3 sdm keju parut

Basil

Oregano


Cara memasak :
1. Rebus spaghetti hingga matang , air diberi sedikit garam . Setelah matang tiriskan
2. Siapkan teflon olesi dengan sedikit mentega, tumis bawang bombay dengan api kecil supaya tidak cepat gosong.
3. Masukkan potongan bacon /ham aduk-aduk hingga wangi
4. Tambahkan krim , aduk-aduk hingga agak mencair
5. Masukkan spaghetti dan keju parut, aduk-aduk hingga rata dan keju meleleh ( lebih mudah diaduk dengan garpu )
6. Tambahkan daun basil dan oregano
7. Matikan api, tuang spaghetti di piring , langsung beri telor yang sudah dikocok, sambil aduk-aduk supaya telur rata
8. Siap dinikmati ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...