Rabu, 15 Januari 2014

Babi Kecap

Dulu gw pernah masak babi kecap ngikutin resep salah satu teman, tapi rasanya kurang cocok karena banyak pakai rempah , jadi rasanya jadi seperti babi kecap herbal hehe.. Pas mami semarang masakin kok ternyata rasanya enak sesuai lidah gw , resep mami bagi gw jauh lebih simple dan gampang dibuat. Bahan juga jauh lebih sederhana. Yang paling penting hubby juga suka banget, padahal dia bukan penggemar pork hehehe.. Ini pas saya masak porsi sedikit untuk coba-coba.

Bahan : 
250 gr daging babi has dalam ato sam can ( untuk daging pilih yang ada lemaknya dikit  , tanya tukang jual babinya kalau bingung hehehe ). Daging potong kotak-kotak termasuk minyaknya
4 siung bawang putih geprek cacah
1 buah pekak 
Kecap manis
Garam
Merica
Telor rebus kupas kulitnya
Tahu ( dipotong kotak goreng dulu.. kalau mau pakai , di resep ini saya tidak pakai )
1lt air mendidih
Sedikit minyak

Cara memasak : 
1. Tumis dengan sedikit minyak bawang putihnya
2. Setelah agak wangi masukkan daging-dagingnya semua masak hingga matang ( warna pink jadi  abu-abu coklat ) sambil beri garam 1 sdt
3. Biasa akan keluar minyak dan kaldu dari dagingnya , hati-hati saat menggoreng jangan sampai lengket dengan wajan karena bisa jadi gosong
4. Setelah matang masukkan pekak dan beri kecap manis sekitar 4-5 sdm , sekalian masukkan air mendidihnya. Air harus mendidih supaya daging tidak jadi ulet dan lebih cepat mendidihnya. Masukkan juga telor dan tahunya.
5. Diamkan dengan api kecil supaya bumbu menyerap dan daging empuk ( wajan bisa diberi tutup ) , sekitar 20-30 menit.
6. Setelah bumbu meresap dan daging empuk , baru tambahkan merica .




 
Note :
*jika air kurang karena terserap daging, bisa ditambahkan dikit-dikit ( catatan air harus panas supaya suhu tidak turun )
* Bagi yang tidak terlalu suka aroma pekak, pada saat setengah jalan mengempukkan daging pekak bisa dikeluarkan atau bisa juga saat setelah matang saat manasi babi kecap nya. 
* Kalau kurang manis bisa ditambahkan gula , karena kecap manis yang dipakai kan beda-beda kemanisannya
 

3 komentar:

  1. Halo, Apa kabar?

    Salam kenal dari kami myTaste Indonesia

    Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep masakan yang sangat lezat dan menarik apalagi Resep Babi Kecap ini. Saya pribadi sangat suka sekali.

    Kami dari myTaste Indonesia merekomendasikan agar blog masakan Anda berada di TOP FOOD BLOG dalam situs kami, myTaste adalah Jejaring Sosial bagi para pecinta masakan khas Nusantara di Indonesia dan juga di berbagai negara. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam myTaste Indonesia,
    Immanuel Kabuhung

    BalasHapus
  2. Pekak bisa diganti bubuk ngohiang (pekak plus 4 bumbu cina lain); rasanya jadi lebih lembut dan harum.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...