Pages

Senin, 27 Januari 2014

Ayam Cabe Garam

Dulu kalau di Semarang seringnya pesan tahu cabe garamnya holiday hehe enak soalnya. Tapi sekarang beberapa resto lainnya juga sudah menyediakan berbagai masakan dengan tema cabe garam, selain tahu , ada ayam, udang, buncis , dan cumi. Memang dimasak cabe garam itu rasanya simple tapi sedep gimana gitu.

Nah beberapa waktu lalu di tabloid Saji dibahas resep Ayam Cabe Garam, gw baru sempet nyobain kemarin. Kalau di resep asli pakai ayam potong , gw pakai paha fillet .

Ini caps resepnya :
Bahan yang gw pakai :
2 paha ayam fillet ( beli di supermarket ) ,gw iris kotak-kotak kemudian boleh dikasih perasan jeruk nipis dikit biar lebih seger
5 bawang putih geprek cacah ( 1/4 bagian untuk dicampur sama rendaman ayam )
1 batang daun onclang ( gak punya daun bawang soalnya )
1 sdt minyak wijen
3 cabe merah keriting rajang kecil-kecil
1 sdt garam
Merica
1 sdm tepung maizena 
Minyak untuk menggoreng
1 sdm mentega untuk menumis


Cara memasak  :
1. Rendam potongan ayam bersama garam, merica, minyak wijen , bawang putih , aduk rata kemudian taburi maizena . Diamkan sekitar 30 - 1 jam supaya bumbu meresap.
2. Siapkan minyak panas agak banyak, masukkan ayam yang sudah direndam, goreng sebentar hingga matang kemudian tiriskan.
3. Kosongkan wajan, beri mentega kemudian tumis bawang putih, cabe merah, kalau sudah wangi dan bawang putih kecoklatan ( tapi tidak gosong yaaa... ) masukkan potongan daun bawangnya / onclang  kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Boleh tambahkan sedikit merica supaya wangi
4. Aduk rata , tidak perlu terlalu lama, sajikan ^^



Note :
* Karena paha yang gw pakai tidak berkulit , jadi maizena berfungsi untuk melapisi supaya daging ayam tidak keras saat digoreng, tapi bagi yang doyan kering gak perlu dilumuri maizena
* gw pakai mentega yang sudah asin jadi tidak gw tambahkan garam lagi saat mencampur ayam dengan tumisan bawangnya, tapi bagi yang mau lebih asin bisa ditambahkan garam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...