Selasa, 28 Januari 2014

Simple Grilled Shrimp a.k.a Udang Cabe Bawang

Asyiiik gw akhirnya dapat langganan penjual udang di Kudus , yang kualitasnya bagus dan harganya oke dibanding di pasar. Nama penjualnya Mbak Mus, Jualannya pakai sepeda di Gang satu di depan Mbak Mar ( penjual daging babi , langganan gw juga :D ). Hmmm kenapa sudah 3 tahun lebih di Kudus baru tahu ya..  #info gak penting :D

Awalnya mau bikin udang tepung karena pas dapet udang yang lumayan gede lah. Tapi ... pas sore2 browsing websitenya Jaden steamy kitchen malah nemu resep ini. Bumbunya cuman 3 macem , Jaden nyebutnya Trinity in chinese food . ( Bawang putih, jahe dan daun bawang ), tapi kemudian ditambah cabe merah. Habis lihat resep itu jadi pengen banget nyoba, pas beneran semalem dibeliin hubby pan grill ( yg rencana mau untuk ngegrill ayam :P ) jadilah sekalian uji coba pan grill yang baru. Kalau resep aslinya di grill pakai bakaran BBQ gitu. Cari yang sederhana ya pakai pan grill ini aja , tetap enak kok ^,^ 



Bahan ala mama Karen :
1/2 kg Udang yang lumayan besar, misalnya udang jerbung,  buang kepalanya( belah punggungnya buang uratnya ). Kulit dan ekor tidak perlu dibuang.
5 siung bawang putih digeprek cacah ( kalau ukuran bawang putihnya kecil boleh ditambah )
3 buah cabe keriting
3 batang onclang ( dirajang kecil-kecil )
1/2 jempol jahe ( untuk diparut )
1 sdt garam
1/2 bh jeruk nipis utk diperas airnya
2 sdm minyak sayur , kalau gak ada ya pakai minyak goreng hehe
10 batang tusuk sate cuci bersih dulu kalau perlu pakai air panas hehe..


 

Cara memasak :
1. Udang yang sudah dibersihkan beri perasan air jeruk nipis diamkan bentar kemudian cuci lagi.
2. Campur Udang dengan bawang putih, onclang , cabe merah keriting, kemudian beri  parutan jahe dan taburi garam sambil diaduk dengan tangan supaya lebih mantap :D
3. Beri minyak dan aduk kembali
4. Diamkan sekitar 20-30 menit



5. Siapkan tusuk sate , tusuk bagian dekat kepala dulu secara berurutan , baru ambil satu tusuk lagi untuk ujung dekat ekor.
6. Urapkan bumbu-bumbu ke udangnya
7. Panaskan pan grill , kuas sedikit mentega atau minyak goreng supaya gak lengket



8. Taruh udang yang sudah ditusuk, api jangan terlalu besar
9. Setelah bagian bawah berwarna merah, balik ganti bagian atas nya.
10. Kalau bagian tengahnya sudah putih dan bagian ekor sudah merah muda berarti sudah matang , angkat dan sajikan bersama tumisan bumbu yang tertinggal di pan.
11. Makan langsung dengan nasi hangat terasa harum jahenya. Mak nyuuuussss.....

Hubby juga suka banget. ^__^ *happy




Waktu matang , Karen ikut-ikutan bilang lapar dan maem..maem, waktu gw lagi moto udangnya dia mau selalu dekat dan main ambil terus hehehe.. ngotot minta udangnya , begitu makan sepotong kecil langsung cepat-cepat cari air kepedasan...:D . Untuk menghibur Karen saya rebuskan udang lagi dan saya beri garam dikit untuk bumbu , dan makanlah Karen udang rebus tersebut dengan nasi hangat.. Sukaaaaa dia ..



======
Note :
* Gw buatnya sudah lepas kulit karena sama "sus" sudah terlanjur dikupas semua atas instruksi gw juga sih hehe , karena kebiasaan begitu beli dikupas dan dibersihkan baru disimpan di lemari es. Padahal untuk tampilan lebih cantik dengan kulitnya , dan dagingnya pasti juga lebih juicy karena tidak kena teflon langsung.

* Kalau suka bawang putih , cabe keriting dan daun bawang boleh ditambahkan karena enak banget untuk dicocol ke udangnya.

* Tanpa tusuk sate juga bisa langsung di grill di pan , namanya udang dimasak cara apa saja enak ^3^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...