Jumat, 07 Februari 2014

Udang Telor Asin

Menu telor asin sekarang sering ditemui di banyak resto terutama chinese food. Menu telor asin yang berkesan ( dan favorit ) bagi saya itu Udang dan Gurami telor asinnya Palace Cuisine Semarang, karena masak telor asinnya disana dibuat kering .
ini penampakan Udang Telor asin nya Palace Cuisine
Dulu pernah membuat menu serupa tapi kurang berhasil, setelah cari-cari di net dan coba beberapa kali akhirnya sukses juga membuat telor asin yang garing.

Bahan : 
300 gr Udang ukuran besar ( buang kepala, jangan buang kulit badan dan ekor , cukup belah punggung bersihkan / buang urat hitamnya )
1 telor ayam ( diambil putihnya saja )
2 telor asin matang ( kuningnya saja  )
1 sdt kecap asin 
Tepung Maizena
Garam
Merica
2 bawang putih geprek cacah
Daun kari ( tidak pakai karena lupa beli :P )
1/2 Jeruk nipis ( untuk menghilangkan amis )

Minyak untuk menggoreng


Cara memasak : 
1. Udang yang sudah dibersihkan cuci bersih dan beri sedikit perasan jeruk nipis , kecap asin, garam , merica dan putih telor dan 1 sdm tepung maizena. Aduk rata dan diamkan 1 jam an ( supaya putih telor lengket )
2. Siapkan wajan berisi minyak agak banyak , panaskan
3. Siapkan tepung maizena kering di piring bersih . Balur udang yang sudah direndam tadi dengan tepung maizena hingga rata.


4. Goreng udang dengan minyak panas dan api sedang sekitar 1 menit ( jangan lama-lama supaya udang tidak ulet )
5. Angkat udang dan tiriskan
Udang yang sudah digoreng
 6. Tuang / sisihkan minyak yang untuk menggoreng tadi , sisakan sedikit untuk menumis bawang putih dan daun kari  ( boleh memakai 1 sdm mentega sebagai ganti minyak untuk menumis )
7. Setelah bawang wangi , dengan api sedang masukkan kuning telor asin sambil diaduk-aduk beri 1 sdm tepung ( pakai maizena juga bisa ) -- tujuannya supaya 'pasir'nya lebih banyak  , aduk hingga telor asin matang ( sedikit kecoklatan), masukkan langsung semua udang yang sudah digoreng sambil diaduk-aduk hingga rata
8. Sajikan dan makan ketika masih hangat ^__^

Note :
* Jika kuning telornya tidak asin bisa ditambahkan garam saat memasak telor asinnya .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...