Jumat, 07 September 2012

Sop Buntut ala Tante Hanna

Lamaaaaaaa gak ngeblog hehehe.. selain belum coba resep baru juga sibuk jadi bodyguard Karen yang udah mulai berdiri dan rambatan , sehingga gak mungkin ditinggalkan seorang diri di dalam kamar. 

Kembali ke resep... wkwkwk.. Kemarin waktu belanja di Hypermart ngeliat buntut sapi yang baru aja dipotong ..aduh jadi pengen masak buntut, biarpun hubby gak doyan sapi  , tapi kalau di sop dia tetep mau dimakan sayurnya :D . Selain itu kaldunya bisa untuk campuran buburnya Karen hehe...

Dulu gw pernah coba masak sop buntu ngikutin resep di buku dan di internet , tapi belum pernah pas rasanya seperti yang dijual-jual itu. Tadi pagi bisa kepikir BB Tante Hanna, dulu jaman gw kerja di tempatnya dia pernah masak sop buntut yang enak banget seperti yang dijual di rumah makan. Nah ternyata bener resepnya gampaaaaang banget dan enaaaaakkk hehehe.... gak pake ribet dah.



Bahan : 
300 gr buntut sapi ( gw beli sudah pack-pack an jadi sudah potongan ) 
2 buah kentang ( potong agak besar direbus ) 
1 buah wortel ( potong agak besar direbus )
2 batang onclang
1 batang seledri yang agak besar
Garam
Gula sedikit
Merica / merica hitam 
Bawang merah goreng
750 ml air 

Cara memasak : 
1. Rebus buntut sampai air mendidih, buang airnya ( untuk menghilangkan bau buntutnya ) , rebus dan didihkan air bersih kemudian masukkan buntut kecilkan api dan tutup panci, masak dengan api kecil hingga daging empuk ) 
2. Setelah daging empuk masukkan batang onclang dan seledri tanpa dipotong ( hanya cukup diikat aja ) , beri garam, merica dan gula , cicipi hingga sesuai selera , setelah sekitar 3-5 menit dan baunya sudah harum matikan api.
3. Tata wortel dan kentang di mangkuk beri kuah sop buntutnya, taburi bawang merah dan onclang. Langsung disantappp panas-panas hehehe...




Note : untuk kuahnya bisa tambah alternatif :
** tomat segar 1 buah
** parutan pala
** bawang merah goreng nya ikut dimasukkan bersama dengan kuahnya langsung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...