Pages

Kamis, 15 November 2012

Chicken Katsu Pancake

Sebenarnya sudah beberapa kali saya bikin pancake, tapi karena cuman pancake nya saja tanpa topping apa-apa jadi belum pernah terfoto dan tershare kan resepnya. Nah pas mau bikin pancake ini , 2 hari sebelumnya kami ke Pazzo Pancake, salah satu kedai Pancake baru di Kudus , tepatnya di depan area Hypermart. Kami pergi dengan dua ponakan saya Risa dan Jeni. Setelah menu disajikan ternyata rasanya standar banget, saya bilang ke Jeni kalau kita bisa bikin sendiri mirip ini hehehe.. kan juga cuman pancake dikasi topping macem2 aja gitu.

Nah hari ini Jeni menagih janji untuk membuat pancake, kebetulan bahan juga sudah ada dan punya yoghurt Elle Vire 'gratisan' karena sempet ambil di Hotel tempo hari hehehe... jadi dipakailah.

Resep pancake ini aslinya saya ambil dari sini , berikut copy resepnya dengan sedikit modifikasi. Hasilnya memang tidak persis sama dengan yang dijual tapi gak kalah enak kok hehehe... Ini hasil kerja saya dan Jeni.

Jeni nampang dengan pancake nya
Bahan :
1  cup tepung terigu ( saya pakai gelas belimbing)
1.5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1 butir telur
25 gr butter yang sudah dilelehkan ( saya pakai mentega )
3/4 cup yogurt ( saya hanya pakai 1/2 cup, takut terlalu asam )
100 ml susu tawar UHT



Yoghurt gratisan hehehe.

Bahan Isi : 

4 fillet ayam ( beli di hypermart ) 
Tepung bumbu untuk menggoreng ayam
Lettuce / selada
Tomat dirajang
Saos Sambal
Mayonaise

Cara Membuat :
1. Kocok telur dengan memakai whisk sampai berbusa, masukan sedikit demi sedikit yogurt dan susu cair.
2. Campur semua bahan kering, aduk hingga rata.
3. Masukan bahan kering ke kocokan susu telur sedikit demi sedikit
4. Masukan mentega leleh aduk rata.

5. Setelah bahan rata dan halus, tidak ada gumpalan-gumpalan ambil satu entong ( istilahnya apa ya hehehe.. ) 
6. Karena saya pakai teflon yang besar jadi adonan saya tuang di satu titik hingga melebar berbentuk lingkaran , api harus kecil karena kalau tidak adonan cepat gosong. Lakukan di sisi baliknya juga
7. Lakukan sampai semua adonan habis



Pancake-pancake yang sudah matang




Mayonaise favorit saya karena tidak terlalu asam

Membuat Isi : 
1. Lumuri daging fillet dengan tepung bumbu, kalau tidak ada juga bisa dengan cara bumbui ayam dengan garam dan merica kemudian beri tepung maizena
2. Lumuri kembali ayam dengan tepung bumbu yang sudah diberi sedikit air ( untuk mempertebal kulit tepungnya ).
3. Goreng ayam dengan minyak panas dan api sedang
4. Tiriskan ayam yang sudah berwarna keemasan

Cara menyajikan : 
1. Tata pancake di piring kemudian beri lettuce / selada lembaran ataupun dirajang supaya lebih mudah masuk mulutnya hehehe..
2. Tata ayam dan tomat 
3. Beri mayonaise dan saus sambal
4. Siap disantap







Topping pancake bisa sangat bervariasi. Next time saya tampilkan dengan topping yang lain wkwkwk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...