Pages

Kamis, 31 Maret 2011

Beef Teriyaki



Sehari sebelum masak ini saya ma hubby kencan di salah satu warung masakan jepang yang baru buka di Kudus. Hubby memang gak suka sapi jadi dia pesen ayam dan saya pesen Beef teriyaki. Waktu makanan sudah tiba di meja, hubby mulai mencomot beef teriyaki saya dan bilang "Ternyata sapi dimasak gini enak juga ya" hehe saya setuju banget.. soalnya suka sapi sejak mulai diet golongan darah ( gol darah B , disarankan lebih konsumsi sapi sih...) Jadi besok nya saya minta bibi belanja daging has dalam di pasar dan coba search resep2 teriyaki. Akhirnya jadilah resep ini.

Bahan :
250 gr daging sapi has dalam ( potong tipis-tipis, masukkan freezer dulu supaya beku dan lebih mudah dipotong tipis )

2 siung bawang putih ( digeprek )

1/2 bh bawang bombay ( dicacah )


Bahan rendaman :

1 sdm saus teriyaki ( beli di swalayan )

1/2 sdm saus tiram

1 sdt minyak wijen

3 cm jahe ( diparut , peras airnya )

1 sdm kecap manis / gula

1 sdt merica
1 sdm maizena


Jahe diparut kemudian peras ambil airnya

Bahan salad :
wortel ( rajang tipis )
kol ( rajang tipis )
1 sdm gula
2 sdm cuka
( campur semua bahan salad dan diamkan di lemari es )

Cara memasak :
1. Daging sapi yang sudah diiris tipis diaduk dengan semua bahan rendaman hingga rata, kemudian diamkan 1 jam hingga bumbu meresap ( bisa ditaruh di lemari es )
2. Siapkan wajan dengan sedikit minyak untuk menumis bawang putih dan bombay, kemudian tiriskan bawang putih dan bombay
3. Di wajan bekas menumis , masak daging yang sudah direndam beserta bumbu-bumbunya, tambahkan 2 sdm air , masak dengan api sedang, supaya daging matang merata
4. Masukkan kembali bawang dan bombay ke dalam daging, aduk-aduk dan tambahkan sedikit saus teriyaki dan gula, cicipi hingga pas rasa nya
5. Sajikan dengan salad yang ditambah mayonaise

Note : kalau ada kecap jepang bisa ditambahkan , karena saya gak punya jadi saya tidak pakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...