Rabu, 24 Agustus 2011

Gurami bumbu Rujak

Ternyata , hubby masih belon bosen sama yang nama nya GURAMI !!! Kemarin tahu-tahu pulang bawa gurami lagi , tadinya dia ingin dimasak asam manis lagi, tapi kemudian gw usul di rujak aja, sekalian coba2 hehe... dia langsung setuju. Jadi gw minta bibi ke pasar beli buah2 rujak. Pada dasarnya cara memasak ikannya sama,potong-potong fillet, rendam dengan air jeruk nipis, cuci bersih , beri garam dan merica ratakan diamkan sejenak kemudian lumuri tepung terigu atau tepung beras , lalu goreng agak kering.

Untuk buah-buah rujaknya sesuai selera, umumnya memakai : nanas, bengkoang, mangga, jambu, timun dan belimbing, bisa ditambahkan : jambu air, jeruk kudus, strawberry, dan wortel.


Sedangkan bumbu rujaknya hanya pakai gula merah, sedikit garam lombok dan air ( mau pake air asam dikit juga ok ) , tapi bumbunya dibuat agak cair dikit supaya bisa disiramkan ke guraminya. **Kalau suka kacang bisa tambah ulegan kacang tanah juga.

Cara penyajiannya hampir sama dengan asam manis. Setelah digoreng tulang dan daging gurami disajikan di piring kemudian siapkan buah-buah rujak yang sudah dipotong di atasnya, baru kemudian disiram dengan bumbu rujaknya. Siap dinikmati ^^v.

Karena kemarin pas dapet gurami nya gak terlalu besar tapi 3 ekor, jadi 1 ekor gw siapkan untuk mertua yang dua ekor kami nikmati karena memang kebetulan sore nya ada tamu , jadi untuk menu berbuka sekalian hehe.....

Tadi pagi mertua mampir bilang suka ma gurami nya, jadi seneng deh, karena masakannya cocok ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...