Pages

Kamis, 14 Maret 2019

Homemade Salad Bangkok

Sewaktu kami sekeluarga camping bersama CMid Semarang , ada seorang ibu menawarkan  brokoli yang masih berwarna hijau tua dan segar kepada kami. Berhubung Karen termasuk penggemar brokoli , jadi kami memutuskan membelinya. Harga satu dunak kecil Rp. 15.000,- berisi enam kepala brokoli yang ukurannya tidak terlalu besar. 

Teman kami , Anna juga membeli brokoli dan dia bilang biasa hanya direbus untuk dimakan begitu saja seperti salad. 
Di perjalanan pulang hubby juga mengusulkan brokolinya sebagian dibuat salad saja.

Jadi keesokan harinya di supermarket, saya mencari saus salad siap pakai merk K*wpie , namun berhubung rasa yang saya inginkan tidak tersedia membuat saya terpikir bikin saus sendiri. Kebetulan ada promo selai kacang di supermarket langsung terbesit aha.. Coba saja bikin Salad Bangkok. Rasa Salad Bangkok paling berkesan yang  pernah saya makan adalah pemberian i'ik saya ( adik dari mama ). Kekhasan Salad Bangkok ada pada selada,  kering kentang,  saus kacang dan nanas, sayur yang lain bisa divariasikan. 
Untuk pemilihan sayur lain saya berjalan ke daerah sayuran segar, pas banyak sayur organik yang menggoda mata berjejer di lemari pendingin jadi tambah pengen bercocok tanam ala Little Forest wkwk..kemudian saya pilih beberapa macam sayur yang ingin saya pakai. 

Bermodal coba-coba dan bahan saus yang sederhana , jadilah Salad Bangkok ala saya.  Menurut saya pribadi dan hubby rasa saus ini cocok dengan lidah kami terutama saat berpadu dengan nanas manis dan sayurnya 😉.




Bahan salad : 
Lettuce / Selada 
Nanas 
Timun 
Tomat
Kentang ( iris tipis goreng kering seperti kripik)
Telur rebus
Brokoli ( optional ,  berhubung habis borong di Kopeng jadi diikutkan sekalian wkwk ) 

Bahan saus : 
Selai kacang 
Air hangat ( untuk mengencerkan selai) 
Gula 
Garam 

Cara membuat saus ( untuk 3 porsi )  : 
1. Ambil selai kacang sekitar 4 sdm masukkan ke dalam wadah
2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk guna mengencerkan selainya
3. Masukkan sedikit garam dan gula sambil diaduk kemudian cicipi sampai rasanya pas. 
4. Siap dituang ke sayur dan buah yang sudah ditata 

Note : untuk saus bisa ditambahkan mayonaise dan saus sambal , tapi saya tidak pakai . Bisa juga tetesi sedikit minyak wijan pada saus yang diaduk kalau ingin rasa oriental 😀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...